Kiat Mudah Memulai Bisnis Frozen Foods

Bisnis makanan beku atau frozen foods saat ini sedang digandrungi oleh puluhan wirausaha karena keuntungan yang melimpah dan resiko yang kecil. Selain itu permintaan makanan beku dari konsumen pun semakin meningkat seiring dengan banyaknya rumah makan yang menginginkan kemudahan dalam melayani pembelinya. Jika Anda berniat berkecimpung dalam bidang usaha tersebut, simak beberapa kiat berikut ini untuk memulainya.

1. Target Konsumen

Meskipun frozen foods sedang booming dimana-mana, tidak semua daerah terdapat konsumen yang akan membeli produk Anda. Hal ini perlu disesuaikan dengan tempat dimana Anda tinggal. Oleh karena itu tentukan dulu siapa konsumen Anda.

Entah itu pedagang makanan, pemilik kafe atau ibu rumah tangga, pastikan ada konsumen yang siap membeli produk Anda. Ketahui gaya hidup masyarakat di sekitar tempat tinggal supaya Anda tahu apakah mereka tertarik dengan produk frozen foods yang dijual atau tidak.

2. Jadi Produsen atau Supplier

Semakin maraknya bisnis frozen foods membuat pengusaha-pengusaha baru bermunculan. Mereka membuat produk frozen foods dan memasarkannya sendiri untuk mendapatkan keuntungan lebih. Jika Anda memiliki ide dan bakat, tidak ada salahnya mencoba. Menjadi produsen akan lebih menguntungkan karena nantinya Anda bisa memiliki banyak supplier yang siap membantu proses pemasaran.

Tentunya produk yang dibuat harus unik dan berbeda agar masyarakat tertarik untuk mencobanya. Jual frozen foods yang Anda buat sendiri bisa memberikan keuntungan berlipat-lipat. Akan tetapi Anda harus benar-benar menjaga kualitas bahan baku karena kepercayaan konsumen sangat sulit didapatkan dan mudah dihilangkan. Citaras frozen foods harus tetap terjaga dan hindari menggunakan bahan-bahan berbahaya.

3. Tentukan Harga

Berdasarkan dari target konsumen yang Anda miliki, tentukan harga frozen foods yang akan dijual. Jika target konsumen adalah anak-anak, maka harganya harus terjangkau. jika target Anda adalah pemilik restoran, berikan harga grosir untuk pembelian tertentu. Tidak masalah menentukan harga mahal selama kualitas makanannya sesuai dan tingkat daya beli konsumen pun tinggi.

4. Beli Freezer

Freezer merupakan komponen penting dalam bisnis frozen foods karena tanpa adanya freezer bisnis tidak akan bisa berjalan. Oleh karena itu pilihlah jenis freezer yang sesuai dengan kebutuhan berbisnis Anda. Freezer es krim atau chest freezer merupakan tipe freezer yang paling tepat.

Freezer jenis ini dapat menampung banyak makanan dan mempertahankan suhu dingin seperti layaknya freezer kulkas. Kapasitas chest freezer berbeda-beda dan hal itu mempengaruhi harga. Anda bisa coba membeli freezer dengan kapasitas kecil terlebih dahulu sebagai permulaan usaha. Semakin banyak varian produk yang dijual maka kapasitas harus semakin besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *