9 Olahan Ikan Khas Masakan Indonesia

gokilbangets.com – Salah satu makanan favorit banyak orang termasuk masyarakat di Indonesia adalah ikan. Mulai dari ikan air tawar hingga air laut. Tidak hanya digoreng atau dibakar saja, tetapi menu ikan bisa diolah dengan berbagai cara. Diantara sekian banyak cara mengolah ikan, salah satu cara yang harus kamu coba adalah dengan menjadikannya sebagai masakan khas Nusantara. Pastinya kamu penasaran kan dengan olahan ikan khas masakan Indonesia? Berikut dibawah ini 9 Aneka masakan indonesia olahan ikan, diantaranya yaitu :

1. Gulai Ikan Patin Khas Jambi

Gulai ikan patin adalah masakan yang populer di Jambi. Masakan ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tidak hanya tempoyak, bumbu lain yang digunakan dalam pembuatan gulai ikan patin khas Jambi adalah cabe merah, lengkuas, serai, kunyit, bawang merah, dan bawang putih. Tetapi ada juga yang mengganti tempoyak dengan santan kelapa supaya tidak bau dan menghindari rasa tempoyak yang cukup menyengat. 

2. Gohu Ikan Khas Ternate

Gohu adalah salah satu masakan khas Ternate yang terbuat dari ikan tuna mentah yang dicampur dengan cabe rawit dan bumbu bumbu lainnya. Sehingga tidak heran kalau banyak orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate. 

3. Otak Otak Khas Kepulauan Riau

Otak otak adalah salah satu makanan khas di Kepulauan Riau seperti di Batam, Tanjung Pinang, dan di Pulau Penyengat. Cara memasaknya mudah, adonan otak otak yang terdiri dari ikan tenggiri, tepung sagu, dan bumbu bumbu, dibungkus dengan daun kelapa lalu dibakar dengan bara api. 

4. Seruit Khas Lampung 

Seruit adalah makanan khas Lampung dari olahan ikan dengan cara digoreng atau dibakar yang dicampur dengan sambal terasi dan tempoyak (olahan durian) atau mangga. Jenis ikan yang biasanya digunakan dalam menu masakan ini adalah ikan sungai seperti belide, baung, layis, dan lainnya. 

5. Sate Bandeng Khas Banten

Sate bandeng adalah makanan khas Banten yang bisa dijadikan oleh oleh karena kekhasannya. Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng khas Banten ini terasa sangat empuk dan tidak bertulang.

Baca Juga: Rekomendasi Resep Nasi Goreng yang Cocok Santapan Pagi

6. Sup Ikan Jantung Pisang Khas Palu

Sup ikan jantung pisang adalah masakan khas Kota Palu, Sulawesi Tengah. Bahan utama dalam pembuatan masakan dengan cita rasa asam pedas yang segar ini adalah ikan kakap. 

7. Ikan Peletuk Bumbu Kuning Khas Kalimantan Barat

Masakan khas Indonesia dari bahan utama ikan gurame yang memiliki citarasa lezat ini banyak digemari masyarakat, terutama di Kalimantan Barat. Cara membuat masakan ini sangat mudah, ikan yang akan dimasak dibersihkan terlebih dahulu, lalu dimasukkan kedalam wajan bersamaan dengan bumbunya. Setelah itu tambahkan air lalu masak dengan menggunakan api sedang. 

8. Sate Lilit Ikan Khas Bali

Sate lilit ini salah satu hidangan andalan dari Bali. Masakan khas Indonesia ini umumnya terbuat dari cincangan daging ikan, kelapa parut, dan bumbu halus yang kaya rempah. Supaya makin wangi gunakan batang serai untuk tusukan satenya. 

9. Ikan Cakalang Rica Rica Khas Manado

Masakan Khas Manado ikan cakalang rica rica ini menggunakan bahan utama ikan cakalang yang dimasak dengan cara digoreng dengan campuran bumbu bumbu khas Manado. Kelezatan ikan cakalang yang dibalur dengan sambal khas Manado yang pedas ini dijamin akan memanjakan lidah siapa saja yang mencicipinya.

Itulah, 9 Aneka masakan indonesia olahan ikan yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Semoga bisa menambah referensi kamu dalam membuat hidangan dengan olahan ikan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *