Ayam Kecap Mentega yang Mudah dan Unik untuk Dibuat

Citarasa dari setiap makanan itu memang berbeda-beda, ada yang suka dengan masakan pedas, ada yang suka masakan kental, ada yang suka masakan kuah, ada juga yang suka masakannya berwarna pekat, dan masih banyak lagi. Pasakan-pasakan ini biasanya dihasilkan dari pilihan rempah yang dirasa cocok untuk dikonsumsi oleh beberapa kalangan. Indonesia adalah tempat rempah terbaik di dunia, rempah-rempah yang dihasilkan di Indonesia dianggap mampu memberikan citarasa yang sempurna. Segala macam masakan di Indonesia biasanya dihasilkan dari rempah yang khas.

Ada banyak sekali masakan di Indonesia yang menggunakan rempah, baik itu memasak sayuran, sampai memasak daging-dagingan. Indonesia selalu berhasil membius para turis dengan masakan khasnya. Kekayaan rempah di Indonesia membuat siapa saja tergoda dengan masakannya. Anda mungkin pernah mencoba perbedaan setiap masakan dari setiap daerah di Indonesia, karena terkadang ada beberapa masakan yang memang memakai rempah asli dari daerahnya. Meski begitu tidak semua pasakan di Indonesia juga dihasilkan dari rempah, dan pasakan ini masih tetap dianggap favorit oleh banyak kalangan penikmatnya.

resep ayam kecap mentega

Resep Ayam Kecap Mentega

Seperti Anda mungkin tahu ayam kecap, masakan satu ini sangat terkenal di Indonesia. pasalnya ayam kecap ini memang dirasa pas rasa ayamnya. Bumbu yang dipakai juga dianggap simpel untuk didapatkan, membuat ayam kecap biasanya adalah hal awal yang dicoba oleh para pemula bagi para memasaknya. Mereka menjadikan resep ayam kecap sebagai menu paling mudah diikuti dan diaplikasikan untuk makanan sehari-harinya. Ada banyak macam-macam ayam kecap, namun ada yang paling mudah dilakukan yaitu ayam kecap mentega.

Rasa ayam kecap itu memang dikenal manis, nah untuk membuat tekstur ayam kecapnya lebih kental dan lebih gurih maka seharusnya ditambahkan mentega. Dianggap hampir sama dengan santan, mentega juga menjadi pilihan favorit untuk dinikmati. Mentega memang merupakan olahan susu, biasanya beberapa orang menjadikannya sebagai olesan roti, atau pengganti minyak goreng. Mentega memiliki aroma khas yang sangat enak, sehingga wangi masakan Anda kana semakin menggiurkan, ini mengapa ayam kecap mentega menjadi pilihan kesukaan. Ayam kecap mentega ini biasanya berada di restoran Chinnese food, namun Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Resep ayam kecap mentega juga mudah diikuti dan menjadi 5 resep ayam mentega paling enak untuk dicoba.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 ekor ayam yang dipotong-potong sesuai selera kesukaan Anda
  • 75 gr bawang bombay yang di iris-iris
  • 3 batang daun bawang dipotong 4 cm
  • 3 sdm margarin pilihan Anda
  • 2 sendok kecap inggris
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam 1 sendok
  • Perasan air jeruk nipis 1 sdt
  • Minyak

Bumbu yang dihaluskan:

  • 2 buah bawang putih
  • ½ sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam

Cara membuat ayam kecap mentega:

  1. Setelah menghaluskan bumbu lumuri ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan tersebut. Ingat cuci ayam dengan bersih sebelumnya.
  2. Gorenglah ayam yang sudah dilumuri bumbu sampai matang, angkat lalu tiriskan minyaknya
  3. Siapkan penggorengan lagi lalu tumislah bawang bombay sampai layu dan tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan
  4. Ketika tumisan sudah harum tambahkan margarin, kecap inggris, jeruk nipis juga kecap manis dan aduk hingga merata.
  5. Tambahkan ayam goreng kedalam tumisan, biarkan hingga bumbu meresap ke ayamnya
  6. Tambahkan daun bawang, aduk masakan hingga layu. Lalu angkat hidangan dan sajikan di tempat kesukaan Anda.

Beberapa cara membuat ayam kecap mentega diatas sangatlah mudah bukan? Anda bisa mengikutinya dengan teliti, sehingga menghasilkan ayam kecap mentega yang enak dan sempurna dalam hidangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *