Inspirasi Resep Kuah Shabu-shabu untuk Dikonsumsi di Rumah

Inspirasi Resep Kuah Shabu-shabu untuk Dikonsumsi di Rumah

Advertisements
Sumber: Femina

Resep kuah shabu-shabu berikut ini bisa jadi referensi buat Anda yang ingin menikmati hidangan sehat, tetapi tetap nikmat. Langsung aja, ini resepnya! 

  1. Shabu-Shabu Original

Shabu-shabu merupakan hidangan khas Jepang yang identik dengan potongan daging sapi tipis-tipis. Citarasa pada kuahnya terbentuk dari empat bahan, di antaranya kecap, dashi, cuka beras, dan mirin. 

Cara membuatnya sangat mudah, Anda hanya harus merebus satu per satu bahan ke panci yang sama. Hidangan ini sangat cocok untuk dikonsumsi bersama dengan nasi hangat atau gorengan dan bakaran dari ikan laut maupun cumi-cumi. 

  1. Shabu Kuah Seafood

Kalau di dapur tidak ada beef dan Anda malas keluar, coba buat shabu-shabu dengan mengkreasikan bahan yang ada. Misalnya, dengan seafood

Anda bisa membuat Shabu Kuah Seafood menggunakan bahan berupa, udang, ikan, dan lain sebagainya. Jangan lupa tambahkan sayuran juga supaya masakannya makin menyehatkan. Sayuran yang cocok untuk dikonsumsi dengan hidangan ini adalah sawi putih, pakcoy, jagung kecil, dan juga jamur es. Pasti enak!

  1. Lamb Shabu-Shabu 

Ternyata, shabu-shabu tidak cuma bisa dibuat dengan daging sapi saja. Anda juga bisa menggunakan lamb atau daging domba buat bikin hidangan ini. 

Resep kuah shabu-shabu dengan daging domba ini biasa disebut Ramushabu di Hokkaido. 

  1. Shabu-Shabu Daging Ayam

Di Nagoya, terdapat hidangan yang dinamakan Niwatorishabu. Masakan ini dibuat dengan daging ayam untuk mengganti daging sapi pada shabu-shabu. 

  1. Shabu Kuah Bakso Ikan

Buat masak shabu-shabu yang lebih simpel lagi, terdapat resep kuah shabu-shabu dengan bakso ikan. Selain bakso ikan, Anda juga bisa menggunakan frozen food lainnya, seperti crab stick, bola-bola udang, dan sebagainya. 

Advertisements

Selain itu, beri potongan sawi, jamur, dan sayuran lainnya. 

  1. Shabu-Shabu Kuah Sukiyaki Manis Gurih

Makanan berkuah khas Jepang, yakni sukiyaki kerap kali dibanding-bandingkan dengan shabu-shabu untuk tahu apa bedanya. Sebagai informasi, perbedaan keduanya ada di rasa kuah kaldu.

Sukiyaki mempunyai kuah dengan rasa cenderung manis dan gurih, sementara shabu-shabu mempunyai rasa yang ringan sebagaimana namanya, yaitu shap-shap. Artinya, tidak perlu berlebihan. 

Kalau mau, Anda bisa mencoba menggabungkan dua resep tersebut sehingga menjadi Shabu Shabu Kuah Suki. Bahan-bahannya sama seperti membuat Shabu pada umumnya, bedanya hanya pada bumbu kuah kaldu yang cenderung manis dan gurih. 

  1. Hot Pot Shabu-Shabu

Selain shabu-shabu, hidangan Nabeyori yang kian dikenal saat ini adalah hot pot. Bagi orang awam, hot pot dan shabu-shabu sama saja, sebab merupakan makanan kuah dan dihidangkan dalam panci. 

Akan tetapi, ternyata keduanya punya perbedaan yang cukup spesifik, yaitu ada di wijen. Hot pot dikenal mempunyai rasa khas karena wijen di kuahnya. 

Nah, jika hobi Anda adalah berkreasi, wijen bisa ditambahkan pada hidangan shabu-shabu. Supaya lebih afdhal, Anda juga bisa mixed bumbu hot pot dengan shabu-shabu. 

  1. Shabu-Shabu Kuah Pedas

Untuk membuat shabu-shabu kuah pedas, Anda hanya perlu menambahkan cabai rawit dengan jumlah yang Anda inginkan. Supaya rasanya tetap nikmat dan tampilannya oke saat akan difoto, Anda bisa menaruh cabainya tanpa dipotong atau dibelah memanjang. Manakah resep kuah shabu-shabu di atas yang menarik untuk Anda? Yuk cari apa saja resep kekinian yang paling enak, bergizi, untuk jamuan tamu atau ketika dimakan bersama keluarga.

Baca juga: 3 Aneka Resep Makanan Pedas yang Rasanya Enak dan Gurih

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *