MACAM-MACAM MAKANAN KHAS MAKASSAR YANG MEMILIKI RASA BERBEDA

Makassar memang terkenal dengan kuliner khasnya yang bermacam-macam, Makassar juga termasuk salah satu daerah favorit untuk para pecinta kuliner. Ada berbagai makanan khas mulai dari makanan ringan, camilan, makanan yang menyegarkan dan masih banyak lagi. Makassar juga termasuk salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata menarik dan spot-spot bersejarah yang unik. Namun bukan tempat wisatanya yang akan kita bahas namun makanan kulinernya yang pastinya akan membuat kalian bertanya-tanya apa saja sih makanan khas Makassar? Berikut simak ulasannya.

1.Kapurung

kapurung-makassar

Makanan khas Makassar yang pertama yaitu kapurung yang merupakan makanan berbahan utama ikan dan daging ayam. Makanan ini memiliki kuah yang berwarna kuning dan memiliki rasa yang gurih dan enak. Yang uniknya makanan terbuat dari sari dan sagu yang membuat rasa makanan ini menjadi lebih berbeda dari rasa makanan pada umumnya. Makanan ini sudah ada sejak jaman dahulu karena memang makanan ini sudah turun-temurun dan tetap mempertahankan resepnya. Makanan ini memang menjadi makanan yang populer di kota Makassar dan hampir semua tempat makan menyajikan menu makanan Kapurung.

2. Buras

buras-makassar

Makanan selanjutnya yang akan kita bahas yaitu buras atau lebih dikenal sebagai burasa. Sebenarnya nama makanan ini memang sedikit ada kaitannya dengan bahannya yaitu beras. Bentuk makanan ini juga sekilas mirip dengan lontong beras namun pada kenyataannya berbeda dari segi rasa. Perbedaannya memang harus dirasakan pada saat disantap yaitu terdapat pada tekstur yang lebih lembut ketimbang lontong beras. Buras juga dimasak dengan dibungkus menggunakan daun pisang dan dicampur dengan bahan seperti bumbu kelapa kering, garam cabai dan dan gula. Makanan ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas yang akan memuaskan lidah orang yang mencobanya.

3. Putu Cangkiri

putu-cangkir

Nah makanan selanjutnya adalah putu cangkiri, makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan dari ketan. Nama cangkiri sendiri berasal dari bentuk makanan ini yang berbentuk seperti bagian bawah cangkir. Makanam ini cukup unik baik dari segi rasa maupun warna dan bentuk. Untuk segi rasa makanan ini memiliki dua pilihan rasa yaitu rasa gula putih dan gula merah. Untuk segi bentuk makanan ini memiliki bentuk seperti bagian bawah cangkir, dan soal tampilan makanan ini memiliki berbagai variasi warna yang yang juga menjadi daya tarik bagi orang-orang. Makanan ini juga termasuk camilan populer yang ada di Makassar.

4. Baje Canggoreng

baje-canggoreng

Selanjutnya yaitu baje canggoreng, baje canggoreng merupakan makanan yang masuk dalam kategori camilan. Makanan ini memiliki bentuk yang mirip seperti coklat dengan campuran kacang mede dan faktanya makanan ini terbuat dari gula merah dan kacang tanah. Makanan ini memiliki rasa yang unik yaitu manis dan gurih dan makanan ini juga tidak mudah kadaluarsa meskipun diwadahkan selama satu bukan di dalam kemasan. Untuk mencicipi makanan ini kalian tidak perlu sulit mencarinya karena makanan ini banyak dijual di pinggir jalan. Makanan ini juga sering dijuak di daerah sekolah dan menjadi camilan favorit pada saat jam istirahat.

Nah itulah beberapa informasi seputar makanan khas Makassar yang memiliki keunikannya masing-masing. Nah untuk kalian yang ingin berkunjung ke kota Makassar ada baiknya untuk mencicipi salah satu makanan yang sudah dijelaskan di atas, jadi apakah kalian tertarik?

Baca juga : MAKANAN KHAS MAKASSAR YANG JARANG DIKETAHUI ORANG BANYAK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *