5 Makanan Khas Malang Yang Nikmat Ini Tidak Boleh Dilewatkan

gokilbangets.com – Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur yang memiliki hawa sejuk. Kota yang terletak 90 km di sebelah selatan Surabaya ini selalu mengundang keinginan setiap orang dari berbagai pelosok untuk memanjakan diri kala waktu liburan tiba. 

Berbicara soal keindahan Kota Malang, kamu juga jangan sampai melewatkan kuliner khasnya yang nikmat. Kota apel memang punya banyak hidangan kuliner yang dapat menambah keseruan para pengunjung yang datang untuk mengisi waktu liburannya. 

Berikut dibawah ini rekomendasi 5 makanan khas Malang nikmat yang tidak boleh dilewatkan : 

Nasi Buk

Asal muasal makanan khas Malang Nasi Buk ini berasal dari Madura. Umumnya, penjual Nasi Buk di Malang merupakan keturunan Madura Bangkalan sehingga membuat Nasi Buk ini terkenal sebagai makanan khas Kota Malang. 

Nama Buk pada kuliner ini ditujukan pada wanita Madura dengan ciri khasnya yang tergolong makanan berat, lauknya bermacam macam, rasanya lezat, sayur lodehnya nikmat, dan dendengnya juga gurih. 

Nasi Buk didampingi oleh sayuran seperti tewel, mendol, bung, ayam goreng, empal, jantung kelapa, bakwan jagung, dan masih banyak lagi. 

Sop Sum Sum

Penggemar sop wajib cicipi sop sum sum khas Kota Malang ini karena rasanya yang nikmat luar biasa. Selain berisi beragam sayuran segar dengan kuah kaldunya yang nikmat, didalam Sop Sum Sum juga ditambahkan tulang belulang sapi yang diolah dengan bumbu khusus dan siap disantap. 

Baca Juga:  MACAM-MACAM MAKANAN KHAS MAKASSAR YANG MEMILIKI RASA BERBEDA

Angsle

Salah satu faktor penyebab hadirnya berbagai makanan yang menghangatkan tubuh di Kota Malang adalah karena hawanya yang dingin bukan main. Salah satunya adalah angsle yang merupakan hidangan hangat dari kombinasi bahan yang bermacam macam. Saat malam tiba, kamu bisa menemukan banyak pedagang yang menjajakan kuliner khas ini di kanan kiri jalan raya. 

Jika kamu pecinta sekoteng akan merasakan cita rasanya setelah meneguk semangkuk angsle. Angsle memiliki bau khas yang berasal dari aroma jahe yang ditambahkan selama proses pembuatan. 

Ada banyak isian di dalamnya seperti kacang tanah yang telah disangrai, roti, kacang hijau yang telah direbus, santan, ketan, petulo, dan juga tape singkong. Sekali menyantap kuliner ini, perut akan terasa kenyang, dahaga teratasi, dan varian isi yang ada didalamnya dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Angsle sangat cocok diminum di waktu petang saat Kota Malang sedang dingin dinginnya. 

Tahwa

Apakah hanya angsle saja makanan khas Malang yang mampu menghangatkan tubuh? Tentu tidak, karena masih ada tahwa yang fungsinya juga dapat menghangatkan tubuh. Makanan yang berkuah hangat ini awalnya adalah makanan khas Tionghoa yang dulunya disebut juga dengan “kembang tahu”. 

Kuliner ini berasal dari tahu yang lembut, direndam dalam larutan jahe, dan juga gula merah. Terasa lumer dan begitu lembut di mulut. Ketika pertama kali memakannya, tahwa akan memberikan rasa yang hangat di tenggorokan. Makanan ini sangat cocok bagi kamu yang baru beradaptasi dengan dinginnya kota Malang. 

Bakso Bakwan

Kota Malang memang terkenal akan kuliner baksonya yang melegenda. Dari sekian banyak jenis bakso, ada Bakso Bakwan yang bisa jadi solusi ketika kamu sudah bosan makan bakso khas Malang atau cwie mie. Bakso bakwan adalah makanan khas Malang berupa hidangan bakso dengan isian lebih komplit dibandingkan bakso khas Malang lainnya. 

Dalam satu porsi bakso bakwan berisi bakso urat, bakso goreng, bakso halus, bakwan rebus, tahu rebus, dan pangsit. Yang membedakan kuliner ini dengan bakso bakso lain adalah mungkin ketidakhadiran mie kuning atau bihun putih. 

Sedangkan untuk kuahnya, digunakannya kuah kaldu sapi asli sehingga dapat menghasilkan cita rasa yang lebih gurih, segar, dan menggugah selera.

Itulah, deretan rekomendasi makanan khas Malang yang bisa kamu nikmati, ketika sedang berkunjung ke Kota Malang. Semua rasa dari makanan di atas sangat nikmat dan dijamin akan ketagihan ketika mencicipinya. Semoga suka, ya!

Baca Juga: Resep Tongseng Daging Sapi yang Nikmat, Cocok untuk Santap Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *