6 Rekomendasi Masakan Oriental Beserta Negara Asalnya

 

Gokilbangets.com – Masakan oriental adalah jenis menu masakan yang berasal dari negara negara bagian timur atau Asia misalnya Indonesia, Jepang, China, dan lainnya. Masakan oriental dari masing masing negara tersebut memiliki ciri khas. Namun umumnya, jenis menu masakan oriental ini disajikan dengan menggunakan bumbu bumbu segar yang memiliki aroma kuat dan langsung diracik ketika akan dimasak. Ramuan rempah yang beragam tersebut menjadi ciri khas sekaligus keistimewaan dari masakan oriental tersebut. 

Rempah rempah yang digunakan untuk meramu masakan oriental ini seperti cabai, jinten, jahe, kunyit, kayu manis, ketumbar, bawang putih, juga rempah rempah khas India seperti klabet, ajwain, dan asafetida. Selain itu juga digunakannya beragam daun herbal seperti daun ketumbar, daun mint, daun klabet, dan dau cassia atau tejpat. 

Digunakan juga bumbu paprika merah, daun salam, koja, hingga air mawar. Untuk menulisnya, masyarakat Asia biasa menggunakan minyak kacang, kacang kedelai, minyak bunga matahari, minyak wijen, juga minyak sayur. 

Berikut dibawah ini 6 contoh jenis masakan oriental berserta negara asalnya yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

1. Rendang

Rendang merupakan masakan oriental dengan menggunakan bahan utama daging sapi yang berasal dari Minangkabau, Indonesia. Proses pemasakan daging yang lama dengan suhu rendah, dimasak bersama bumbu bumbu racikan dan dibiarkan meresap ke daging. Masakan oriental ini menggunakan bumbu bumbu rempah khas yang berasal dari Minangkabau. 

2. Ramen

Ramen merupakan menu mie berkuah terpopuler di Jepang yang berasal dari China. Perbedaan mie khas Jepang ini dengan mie khas Indonesia adalah pada bentuk mie ramen yang pipih dan berwarna kuning. Mie ramen disajikan dengan kuah kaldu dari tulang babi, tulang ayam, atau seafood. 

Umumnya, mie ramen ini disajikan dengan isian irisan daging dan sayur sayuran. Perlu diingat, ketika memasak mie ramen ini kamu harus mencucinya terlebih dahulu dengan air untuk menghilangkan patinya dan tidak dilengket ketika diolah. 

3. Gyoza

Makanan oriental ini serupa dengan pangsit, namun ukurannya kecil. Gyoza dibuat dengan diberi isian berupa sayur, bawang putih, kubis, daging babi cincang, atau daging ayam yang kemudian dibungkus dengan kulit pangsit yang terbuat dari tepung yang dilarutkan air. Lalu, makanan ini dipanggang menggunakan minyak wijen. Hal inilah yang membedakan pangsit khas China dengan pangsit lainnya. 

Baca Juga : Kreasi Resep Makanan di Masa Karantina,Wajib Coba !

4. Tempura Udang

Tempura udang merupakan masakan oriental khas Jepang yang digoreng bersamaan dengan daging udang dan sayur sayuran. Sebelum digoreng, adonan dicelupkan terlebih dahulu ke dalam telur kocok lalu dilumuri dengan remah tepung roti, lalu goreng hingga menguning. 

5. Chicken Katsu

Chicken katsu yang memiliki nama asli tori katsu ini merupakan hidangan oriental asal Jepang berupa irisan daging ayam dalam balutan tepung roti. Daging ayamnya dibumbui garam dan lada, kemudian dibalut telur dan tepung roti sebelum akhirnya digoreng dengan menggunakan teknik deep frying. Biasanya chicken katsu diolah dari fillet dada ayam. 

6. Ayam Pengemis

Nama masakan oriental yang satu ini memang cukup unik, seunik cerita yang melatarbelakanginya. Masakan ini berupa ayam yang dimasak dengan cara membungkusnya dalam daun teratai dan tanah liat. Ayam yang dimasak dalam bungkusan daun teratai dan tanah liat itu memiliki rasa yang khas, unik, dan lezat tentunya. Menu ayam pengemis juga memiliki aroma tanah yang segar dan harum. Masakan khas China ini juga katanya sangat cocok dinikmati bersama secangkir teh China. 

Nah, itulah ulasan terkait masakan oriental beserta negara asalnya yang mungkin bisa menjadi rekomendasi kamu berwisata kuliner di negara-negara besar, jngan lupa siapain bujetnya ya !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *