Resep Kue Basah Tradisional Bolu Sarang Semut 

gokilbangets.com – Memasak roti atau bolu kukus mungkin sudah terlalu mainstream. Bila Anda sedang mencari menu hidangan yang mudah dibuat dan hasilnya enak, Anda bisa mencoba untuk memasak bolu sarang semut. Sesuai namanya, bolu ini memiliki sarang-sarang di permukaannya. Rasanya yang manis dan lembut membuat banyak orang menyukainya. Tentu Anda penasaran dengan bagaimana cara membuatnya bukan? Sebelumnya, Anda harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. 

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat bolu sarang semut ini lumayan banyak, tetapi jangan khawatir karena Anda bisa menemukan bahan-bahan ini dengan mudah. Di bawah ini adalah bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum mulai memasak:

  • ½ liter air 
  • ½ kg gula pasir 
  • 5 butir telur ayam 
  • 100 gram mentega atau margarin 
  • 220 gram tepung terigu protein tinggi 
  • 4 sendok makan tepung tapioka
  • 1 sendok teh soda kue 
  • 1 sendok teh vanili bubuk 
  • 1 sendok teh baking powder 
  • 6 sachet susu kental manis rasa plain/vanilla 

Setelah Anda menimbang dan mempersiapkan semua bahannya, saatnya Anda mempersiapkan diri untuk memasak bolu sarang semut ini. Jangan lupa untuk menyiapkan alat-alat seperti oven, loyang, whisk dan juga saringan khusus. berikut cara membuat : 

1. Cairkan gula pasir 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengubah gula pasir menjadi karamel. Langkah pertama adalah siapkan wajan dan masukkan gula pasir ke dalamnya. Panaskan wajan dan aduk perlahan gula hingga berubah menjadi karamel. Gunakan api kecil dalam proses ini. Apabila gula sudah berubah menjadi karamel, masukkan air sedikit demi sedikit. Aduk terus hingga semua air tertuang dan mendidih. Dinginkan. 

2. Campurkan Bahan Kering 

Langkah kedua dalam proses membuat bolu sarang semut ini adalah mencampurkan bahan-bahan lainnya. Siapkan wadah yang cukup besar, setelah itu campurkan tepung tapioka, soda kue, baking powder, vanili bubuk dan tepung terigu. Aduk hingga rata bahan-bahan kering tersebut. Setelah tercampur dengan rata, ayak bahan tersebut hingga tidak ada gerindil kecil di dalamnya. 

Baca Juga : Resep Kue Kekinian Bakpia Teflon

3. Campurkan Bahan Basah 

Setelah bahan kering sudah diayak, Anda bisa menuju ke step berikutnya yaitu mencampurkan bahan-bahan yang basah. Yang pertama, Anda perlu menyiapkan wadah lainnya untuk mencampur bahan basah. Masukkan mentega dan susu kental manis ke wadah, setelah itu campurkan. Anda bisa menggunakan whisk agar bahan tercampur lebih cepat dan rata. 

4. Campurkan Bahan Basah dan Bahan Kering

Bila bahan basah sudah tercampur, tambahkan telur satu persatu dan aduk kembali. Selanjutnya adalah langkah menggabungkan campuran bahan basah dengan bahan kering. Masukkan adonan kering sedikit demi sedikit ke bahan basah. Aduk terus setiap kali Anda memasukkan bahan kering. Lakukan hal tersebut sampai semua adonan kering habis. Jika sudah selesai, tambahkan air gula dan kembali aduk untuk yang terakhir kalinya. 

5. Memasak adonan 

Siapkan saringan dan loyang yang sudah diolesi dengan mentega. Fungsi dari saringan adalah memastikan bahwa tidak ada adonan yang belum tercampur dengan rata. Hal ini akan membuat kue menjadi lembut. Masukkan semua adonan, setelah itu masukkan ke oven hingga 60 menit kedepan. Gunakan api sedang untuk memasaknya agar tidak gosong. Gunakan tusuk gigi untuk memeriksa kematangan. 

Jajanan tradisional yang satu ini sangat digemari, terutama oleh orang tua. Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, hasil kue Anda akan lembut tanpa gerindil kecil. Anda bisa menyajikannya selagi hangat bersama dengan minuman pendamping seperti teh. Tertarik untuk mencoba membuatnya?

Baca Juga : RESEP KUE BASAH TRADISIONAL HUNKWE PANDAN PISANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *