Seperti Ini Cara Merebus Jengkol Agar Cepat Empuk

Seperti Ini Cara Merebus Jengkol Agar Cepat Empuk

Advertisements

Seperti Ini Cara Merebus Jengkol Agar Cepat Empuk, Cek Selengkapnya di Sini!

Dibalik aromanya yang tidak sedap, nyatanya jengkol menjadi salah satu hidangan terfavorit di Indonesia. Hal itu pun terbukti, yang mana jengkol sangat mudah untuk kita jumpai dipasaran. Menariknya lagi, bahkan jengkol memiliki beragam kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Akan tetapi, tak sedikit juga masyarakat yang belum paham mengenai cara merebus jengkol agar cepat empuk. Nah, buat kamu yang ingin tahu Cara Merebus Jengkol Agar Cepat Empuk dan tidak bau, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

1. Kupas Kulitnya dan Cuci Dengan Air Beras

Sumber: KlikDokter

Cara pertama yang bisa kamu lakukan, yakni mengupas kulit jengkol sampai benar-benar bersih. Ya, hal ini bertujuan agar rasa jengkolnya tidak terlalu pahit.

Apabila kulitnya sudah bersih, silahkan rendam jengkol tersebut kedalam air beras. Kabarnya, jengkol yang direndam dengan air beras itu dapat membersihkan serta menghilangkan baunya lho.

2. Rendam Jengkol ke Dalam Air Biasa

Sumber: SPN Komplain Media

Setelah direndam dalam air beras, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah merendam jengkol ke dalam air biasa dan biarkan semalaman. Namun, kamu juga jangan sampai lupa untuk mengganti air rendaman jengkol tersebut sebanyak 3 sampai 5 kali.

3. Merebus Jengkol

Sumber: Kompas.com

Jika sudah selesai direndam semalaman, silahkan rebus jengkolnya tanpa campuran apapun. Hal tersebut bertujuan agar tekstur jengkol menjadi lebih lembut dan empuk. Disarankan bagi kamu untuk merebus jengkol dengan durasi waktu sekitar 10 menit hingga 15 menitan.

4. Menggoreng Jengkol

Sumber: Fimela

Selain direbus, jengkol juga harus digoreng agar teksturnya empuk secara merata. Dalam hal ini, pastikan kamu menggoreng jengkolnya jangan sampai gosong. Sebagai patokannya, yaitu goreng hingga minyaknya menyusut karena terserap oleh jengkol.

5. Merebus Jengkol Dengan Menggunakan Bubuk Kopi

Sumber: Tabloid Sinar Tani

Sebelum dimasak dan dibumbui, sebaiknya jengkol direbus dulu dengan menggunakan bubuk kopi. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi bahkan menghilangkan bau jengkol.

Rebus jengkol dengan air secukupnya, lalu taburi dengan bubuk kopi secukupnya. Diamkan kurang lebih selama 1 jam dengan menggunakan api kecil.

Advertisements

Baca juga: 2 Resep Olahan Bandeng Pedas yang Praktis dan Bikin Nagih

6. Merebus Jengkol Dengan Menggunakan Daun Jambu Biji

Tak banyak orang yang tahu bahwa merebus jengkol dengan daun jambu biji dapat mengurangi bau. Mengenai caranya, rebus jengkol dengan api sedang, lalu masukkan beberapa lembar daun jambu biji yang sudah dicuci bersih.

7. Geprek Jengkolnya

Apabila sudah selesai direbus, geprek jengkolnya dengan menggunakan ulekan sampai gepeng. Cara ini dilakukan agar jengkol bisa menyerap bumbunya secara sempurna saat dimasak.

8. Memasak Jengkol Dengan Bumbu

Setelah selesai digeprek silahkan bumbui jengkolnya sesuai selera, kemudian masak. Saat memasak, sebaiknya kamu menggunakan api kecil. Mengapa harus api kecil? Pasalnya, hal tersebut bertujuan agar jengkol tidak gosong serta bumbunya bisa meresap dengan sempurna.

9. Menambahkan Air Saat Memasak Jengkol

Ada baiknya kamu menuangkan air putih saat menumis jengkol. Soalnya, penambahan air bertujuan agar bumbunya bisa lebih meresap serta membuat tekstur jengkol menjadi lebih empuk.

10. Menambahkan Bawang Putih Atau Jahe

Tips berikutnya yang bisa kamu coba saat memasak jengkol biar cepat empuk dan tidak bau, yakni dengan menambahkan bawang putih atau jahe. Ya, penambahan bawang putih dan jahe ini berfungsi untuk menetralisir bau jengkol.

Nah, itulah beberapa tips mengenai cara memasak jengkol agar cepat empuk dan tidak bau. Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan?

Baca juga: 6 Rekomendasi Masakan Oriental Beserta Negara Asalnya

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *