5 Oleh-oleh Khas Parepare

5 Oleh-oleh Khas Parepare

Jika Anda mencari oleh-oleh khas Parepare yang keren, nikmat dan tidak bisa dilupakan, maka Anda harus melihat daftar oleh-oleh dibawah ini. Dimana oleh-oleh tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak yang banyak dicari wisatawan saat berkunjung ke Parepare. Mau tahu apa saja barang yang bisa Anda cari tersebut, inilah ulasannya. 

 1. Kain Sutera

Daerah Parepare di Sulawesi Selatan ini memang cukup dikenal dengan daerah yang menghasilkan dan memiliki kain sutera mempesona dan berkualitas tinggi. Jadi apalagi yang harus dipertimbangkan dalam mencari oleh-oleh, sudah pasti kain sutera ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh yang juga berkualitas.

 2. Barongko

Barongko merupakan salah satu oleh-oleh khas Parepare yang berbentuk makanan. Dimana jenis makanan ini adalah jenis kue tradisional khas Sulawesi Selatan, khususnya Parepare. Kue ini dibuat dari bahan seperti pisang yang diolah dengan santan dan dibungkus dengan daun pisang tersebut.

Dibuat dengan cara diikukus, dan termasuk salah satu kue tradisional favorit masyarakat Parepare. Mungkin bagi yang kurang paham, bisa membayangkan seperti kue tradisional Nagasari yang berasal dari Jawa. Bentuk dan olahannya agak mirip, pastinya ada sedikit perbedaan yang mencirikan kekhasan dari Pareparenya.

 3. Nassu Palleko

Selanjutnya ada juga oleh-oleh khas Parepare yang disebut dengan Nassu Palleko. Mungkin Anda yang belum pernah melihat tidak mengerti jenis oleh-oleh apa itu. Tapi didaerahnya oleh-oleh ini cukup menjadi favorit untuk dijadikan buah tangan dari Parepare. 

Yaitu, masih sejenis kuliner khas daerah Parepare yang terbuat dari cincangan daging bebek atau itik. Dengan bumbu rempah andalannya yang kuat, membuat makanan ini menjadi terasa sangat nikmat. 

Yang menjadi populer dari makanan ini selain bumbu rempahnya yang kuat adalah rasa pedasnya yang banyak disukai orang. Sangat pantas untuk dijadikan oleh-oleh dan dikenalkan pada masyarakat daerah lainnya.

 4. Sarraba

Anda pernah mendengar Sarraba, bagi yang sudah pernah berkunjung ke Parepare mungkin akan mengenal oleh-oleh khas Parepare yang satu ini. Kuliner kali ini berjenis minuman, yaitu sebuah minuman khas suku Bugis berasal dari olahan jahe. 

Sangat diketahui, kalau minuman dari rempah Jahe ini bisa berfungsi untuk menghangatkan badan. Jika ingin dijadikan oleh-oleh, minuman initersedia dalam kemasan yang mudah dibawa. Rasa dan jenisnya pun hampir sama dengan wedang jahe, hanya saja diracik dengan rempah ala masyarakat Bugis. Sarraba sangat mudah dicari dan ditemukan, karena memang di sana banyak sekali yang menjualnya.

BACA JUGA : RESEP DAN CARA MEMBUAT SOTO AYAM LAMONGAN

 5. Kain dan Sarung Tenun Khas Bugis

Tidak hanya kain sutera, ternyata Pare-pare juga memiliki bahan-bahan tenun khas Bugis yang bisa dijadikan kain ataupun sarung. Bahan tenun ini juga tidak kalah menariknya dengan kain sutera, dan daerah Parepare memang sangat memiliki kualitas untuk barang-barang seperti kain tersebut. 

Karena, kebudayaan dari suku Bugis sendiri sangat populer dengan kerajinan tangan yang dibentuk menjadi kain-kainan ini. Jenis oleh-oleh seperti ini banyak terdapat di daerah Makassar, tapi tidak sedikit gerai di daerah Parepare yang juga menyediakan kain dan sarung tenun ini.

Mungkin masih banyak oleh-oleh yang bisa Anda persembahkan untuk rekan atau keluarga Anda dibawa dari Pare pare. Tapi beberapa daftar di atas cukup mewakili dari sekian banyak oleh-oleh daerah yang sangat mempesona dan bagus. Siapa yang tidak senang jika diberi oleh-oleh seperti itu. Jadi  selamat berburu oleh-oleh khas Pare Pare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *