9 Amalan Sunnah Hari Jumat yang Perlu Anda Ketahui

9 Amalan Sunnah Hari Jumat yang Perlu Anda Ketahui

Advertisements

9 Amalan Sunnah Hari Jumat yang Perlu Anda Ketahui, Simak di Sini!

Hari Jumat merupakan hari yang sangat istimewa bagi kaum muslimin, sebab terdapat amalan sunnah hari Jumat yang dapat Anda lakukan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Selain itu, amalan sunnah Jumat memiliki nilai yang sangat tinggi di sisi Allah SWT.

Bagi umat muslim, cukup disayangkan bila kita melewati kesempatan untuk mengamalkan sunnah hari Jumat. Oleh karena itu, dalam ulasan ini kami akan membahas 8 amalan sunnah hari Jumat yang perlu kita ketahui, antara lain:

1. Membaca Surat Al-Kahfi

Sumber: Suara.com

Mungkin seluruh umat muslim sudah mengetahui amalan sunnah hari Jumat yaitu mambaca surat Al-Kahfi. Amalan ini juga disampaikan melalui HR. Ad-Darimi yang berisi “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi di malam Jumat, maka dia akan disinari cahayanya antara dia dan Kabah”. 

2. Perbanyak Sholawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Sumber: NU Online

Amalan mulia yang dapat umat muslim lakukan yaitu sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam HR. Baihaqi, terdapat hadits dari Rasulullah SAW yang berisi “Perbanyaklah sholawat kepadaku di malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bershalawat kepadaku maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali.”

Baca juga: Hal-Hal Yang Membuat Doa Mustajab Menjadi Tidak Terkabul

3. Mandi Jumat

Sumber: CNN Indonesia

Mandi Jumat termasuk pada amalan sunnah hari Jumat bagi para laki-laki yang hendak melaksanakan sholat Jumat. Pastikan untuk mandi sebelum berangkat ke mesjid bagi laki-laki agar sekaligus menjalani amalan sunnah hari Jumat.

4. Memakai Wewangian dan Berpenampilan Menarik

Sumber: Detikcom

Selain mandi Jumat, bagi para laki-laki yang hendak menjalani sholat Jumat disunnahkan untuk memakai wewangian dan berpenampilan menarik. Hal ini dikarenakan hari Jumat merupakan hari raya bagi umat muslim.

5. Mencukur Kumis, Bersiwak, dan Memotong Kuku

Sumber: Tirto.id

Terdapat sunnah hari Jumat yang dikhususkan untuk laki-laki sebelum menjalani sholat Jumat, yaitu mencukur kumis, bersiwak, dan memotong kuku. Anda bisa menjalani sunnah yang satu ini sebelum berangkat ke mesjid untuk sholat Jumat.

Advertisements

6. Berangkat Sholat Jumat Lebih Awal

Sumber: Masjid Nusantara

Bagi laki-laki yang hendak menjalani ibadah sholat Jumat, lebih baik berangkat lebih awal, karena termasuk dalam amalan sunnah hari Jumat. Selain itu, amalan ini dijelaskan dalam HR. Bukhari dan Muslim yang berisikan jika Anda berangkat lebih awal, maka Anda seperti sedang berkurban unta.

7. Perbanyak Dzikir dan Berdoa Kepada Allah SWT

Sumber: Muslim.or.id

Pada hari Jumat, baik laki-laki maupun perempuan, bisa melakukan amalan sunnah hari Jumat dengan memperbanyak dzikir dan berdoa kepada Allah SWT. 

Seperti yang dijelaskan dalam HR. Abu Daud, hari Jumat merupakan waktu yang mustajab untuk kaum muslimin berdoa, carilah waktunya di akhir waktu setelah Ashar.

8. Membaca Surat Yasin dan As-Saffat

Sumber: CNN Indonesia

Selain membaca surat Al-Kahfi di hari Jumat, Anda juga bisa melakukan amalan sunnah hari Jumat lainnya dengan membaca surat Yasin dan As-Saffat. Dalam HR. Abu Daud, bagi siapa yang membaca Surat Yasin dan As-Saffat, maka akan dikabulkan permintaannya oleh Allah SWT.

9. Perbanyak Amal Kebaikan

Sumber: Suara Muslim

Dalam melaksanakan amalan sunnah hari Jumat, Anda bisa melakukan lebih banyak amal kebaikan, seperti bersedakah. Sebab amalan kebaikan tersebut akan dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT, serta amalan ini telah disampaikan oleh Ibnu Qoyyum melalui buku Panduan Amalan Hari Jumat dari karya Mahmudin.

Demikian ulasan mengenai beberapa amalan sunnah hari Jumat yang dapat dilakukan oleh umat muslim. Bagaimana menurut Anda mengenai amalan hari Jumat?

Baca juga: Manfaat Melantunkan Doa-Doa Setelah Sholat 5 Waktu

Sumber: https://beritakubaru.com/

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *