Ada Beberapa Perbedaan Khusnul Dan Husnul Khatimah

Advertisements
Sumber: Berita Kita

Terdapat beberapa perbedaan dari kata husnul khotimah dan khusnul khotimah. Jika kita melihat sekilas mungkin pengucapannya sama. Namun jika kita lihat dengan kacamata agama semuanya sangatlah berbeda. khusnul khotimah biasnaya di artikan sebagai pengucapan untuk orang yang meninggal dalam keadaan yang amat sangat menyedihkan atau tidak layak untuk di lihat atau biasa di sebut mengenaskan. Berbeda dengan orang yang wafat dalam keadaan husnul khotimah. Otrang yang wafat dalam keadaan husnul khotimah lebih di hargai dan banyak orang yang merasa bangga atau kagum. Karena orang tersebut memiliki makna mendalam saat wafatnya seperti mengorbankan dirinya demi menyelamtkan orang.

Barang siapa yang meninggal dengan husnul khotimah dengan membaca ‘la ilaaha illallah’ niscaya akan masuk surga. Husnul khotimah, adalah keadaan di mana seorang mukmin diberikan taufiq oleh allah sebelum mati untuk menjauhkan diri dari segala tindakan yang mendatangkan murka allah swt, siap untuk taat dan melakukan banyak perbuatan baik, dan kemudian dia mengakhiri hidupnya dengan kebenaran.

makna ini berasal dari istilah arab “husnu” untuk “baik” dan “khatimah” untuk “akhir” atau “penutupan”. Husnul khatimah adalah kesimpulan yang memuaskan; pada akhirnya, seseorang memiliki kesempatan untuk berdiam di bumi sambil menjauhkan diri dari segala hal yang menyinggung allah swt. Dengan penjelasan paragraf sebelumnya kita sudah mengetahui perbedaan khusnul dan husnul khatimah.

Dua Macam Perbedaan Khusnul Dan Husnul Khatimah

Secara umum, ada dua macam perbedaan khusnul dan husnul khatimah yang diketahui oleh masyarakat. biasanya dari ucapan yang artinya jika khusnul khotimah¬† di ucapkan oleh laki laki yang meninggal. Serta husnul khotimah di ucapakan untuk perempuan, sebenarnya semua hal tersebut salah kaprah. Jadi kita sebagai generasi masa depan harus memperbaikinya agar tidak salah arah.Husnul khatimah adalah wafat dengan keadaan yang mulia. Seperti halnya seorang hamba yang wafat diberi hidayah untuk menjauhkan diri dari segala sesuatu yang dapat memancing kemarahan Allah subhanahu wa ta’ala.¬†

Advertisements

Dia bertobat dari kejahatan dan amoralitas dan bersungguh-sungguh dalam pengabdiannya pada ketaatan dan perbuatan baik, sampai dia meninggal dalam keadaan ini. Sejumlah akademisi telah menyimpulkan indikasi husnul khatimah melalui studi literatur terkait. Beberapa indikasi tersebut kami berikan di bawah ini, antara lain mati syahid di medan jihad di jalan Allah, mati saat berperang di jalan Allah, mati karena penyakit ta’un (hama), dan mati tenggelam. Jadi sekarang anda sudah tahu kan apa itu khusnul dan husnul khatimah?.

Perbedaan Khusnul Dan Husnul Khatimah Bagi Wanita

Contoh perbedaan pertama seperti ini, orang yang meninggal tertembak di perbatasan negara di katakan wafat dalam keadaan husnul khotimah  khotimah karena memperjuangkan NKRI. Contoh kedua orang yang mati akibat tertabrak truk dalamkeadaan minum minuman keras. Hal tersebut di katakan jika orang tersebut mati dalam keadaan khusnul khotimah atau orang jawa biasa dinamakan mati mengenaskan. Itu tadi adalah Indikasi khusus perbedaan khusnul dan husnul khatimah sering terlihat saat seseorang sedang dalam masa menjalani pekerjaan

Jadi kita harus senantiasa mengabdikan diri kita kepada tuhan yang maha esa agar kelak bisa masuk surga dan mampu wafat dalam keadaan yang di rihoi oleh Allah swt. Tentu semua orang sangat menginginkan wafat dalamkeadaan tersebut, jadi ayo berbondong bondong dalam kebaikan agar kita bisa masuk surga di hari akhir nanti.

Baca juga: Asmaul Husna dan Artinya Lengkap, Al-Muqit Sampai Al-Muhshi

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *