Bacaan Doa Setelah Adzan 

Advertisements
doa setelah adzan
Sumber: mStar

Berkumandangnya adzan menjadi tanda waktu ibadah sholat bagi para umat Islam. Sama seperti halnya ketika kita sedang menjawab panggilan dari seseorang, maka sebagai umat muslim kita juga diperintahkan untuk menjawab panggilan sholat tersebut. Terlebih jika panggilan tersebut berasal dari rumah Allah SWT. 

Setiap lafadz adzan yang dilantunkan tidak hanya bernada indah, melainkan juga memiliki jawabannya masing-masing. Sebagian dari lafadz tersebut bisa kita jawab dengan kalimat yang serupa denngan lafadz adzan tersebut. Bahkan, beberapa lafadz mnemiliki jawaban yang berbeda dengan lafadz adzannya. 

Ketika sedang mengdengarkan suara adzan, itu artinya Allah SWT ingin kita menghentikan segala aktivitas dunia untuk kemudian melangkah menuju ke panggilan-Nya tersebut. Selepas adzan pun, kita dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan lain selagi menunggu iqomah dikumandangkn. 

Salah satunya adalah ketika kita selesai mendengarkan adzan, dimana kita disunnahkan untuk membaca bacaan doa setelah adzan. 

  1. Doa Sesudah Adzan Berkumandang

Membaca doa setelah adzan berkumandang hukumnya adalah sunnah. Adapun bacaannya adalah allahumma robba haadzihid da’watit taammah, washolaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofi’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz. 

Artinya adalah “Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan sholat yang ditegakkan ini. Berikanlah dengan limpah karunia-Mu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan yang paling tinggi, dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan.”

  1. Bacaan Doa Sesudah Adzan Menurut Hadist Bukharii

Bacaan doa setelah adzan ini tentunya sudah sesuai dengan salah satu hadist Bukhari, yang berbunyi:

“Barangsiapa ketika selesai mendengarkan adzan mengucapkan doa, allahumma rabba hadzihid da’watit tammah was shaltil qoimah ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wab ‘asthu maqomam mahmudanil ladzi wa’attah. Maka, orang tersebut akan mendapatkan syafaatku di harii kiamat nanti.”

  1. Perbedaan Lafadz Adzan Subuh

Seperti yang kita ketahui bersama, adzan Subuh memiliki lafadz yang sedikit berbeda dengan adzan di waktu lainnya. Dalam adzan Subuh, kita akan mendengar adanya kalimat ashsalatu khairum minan naum. Jika diartikan, lafadz tersebut memiliki arti sholat lebih baik dari pada tidur. 

Advertisements
  1. Doa Khusus Setelah Adzan Subuh

Selain memiliki kalimat yang berbeda, terdapat pula doa khusus yang dianjurkan para ulama untuk adzan Subuh. Doa ini dibaca secara khusus setelah mendengarkan adzan Subuh. Doa ini memiliki maksud untuk memohon ampunan di kala Subuh. 

Terlebih lagi ketika kita tahu bahwa waktu subuh merupakan waktu yang tepat untuk memohon dan memanjatkan doa serta ampunan kepada Allah. Bacaan doa setelah adzan Subuh ini berbunyi, allahumma hadza iqbaalu nahaarika waidbaaru lailika wa ashwaatu dua’aaika faghfir lii. 

Artinya adalah “Ya Allah, ini adalah saat datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.”

  1. Doa Setelah Maghrib

Selain sholat Subuh, masih ada waktu sholat lain yang memiliki doa khusus yang bisa kita amalkan, yakni ketika sudah selesai mendengar adzan maghrib. Dalam kitab Jami’ul Ahadits, juz IV halaman 250, bacaan doa setelah adzan maghrib yaitu, allahumma hadza iqbalu lailika wa idbaru naharika wa ashwatu du’aika faghfir lii.

  1. Baca Basmallah

Jangan lupa untuk tetap membaca basmallah ketika hendak membaca sesuatu, sekalipun itu adalah doa setelah adzan. 

  1. Ucapkan Amiin

Jangan lupa juga untuk selalu mengucapkan amiin ketika selesai membaca doa apapun. 

Dan inilah beberapa bacaan doa setelah adzan yang sunnah untuk dilafadzkan. Semoga kita semua selalu diberikan faedah dari setiap doa yang kita lafadzkan. 

Baca juga: Amalkan Doa Ini Setelah Membaca Surat Al Waqiah

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *