Beragam Jenis Doa Penutup untuk Acara Majelis

Beragam Jenis Doa Penutup untuk Acara Majelis

4 Manfaat Berdoa di Bulan Ramadan untuk Kesehatan
Sumber: celotehriau

Untuk anda yang memperoleh kesempatan dipercaya untuk membawakan doa penutup bagi sebuah acara majelis namun masih ragu, maka akan dibahas tentang lafal doa yang bisa dipilih. Namun sebelum itu apakah sudah mengerti apa yang dimaksud dengan acara majelis?

Dalam Islam istilah “Majelis” dapat diartikan sebagai tempat untuk mencari ilmu, melakukan diskusi, musyawarah untuk mufakat, dan melangsungkan acara resmi lainnya. Majelis memiliki arti tempat duduk, tempat sidang, dewan, dan taklim atau pengajaran. Secara bahasa, majelis adalah tempat untuk melaksanakan kegiatan pengajaran agama Islam.

Jika dilihat dari segi etimologi, kata majelis berasal dari bahasa Arab, bentuk kata tempat (ism makan) yang berarti kata dasar duduk. Maksud istilah majelis itu lebih mengarah pada tempat untuk melakukan kegiatan belajar.

Dalam melaksanakan acara majelis nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam mensunahkan untuk membaca doa penutup, bahkan ketika beliau akan berkutbah, ceramah, melakukan pidato, melakukan pernikahan, hingga pengajian pasti akan melantunkan doa penutup. Bukan tanpa alasan, tujuan dari melantunkan bacaan doa penutup majelis ialah agar seluru peserta yang mengikuti acara mendapat limpahan keberkahan dan rida dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Berikut ini adalah 4 jenis doa penutup untuk acara majelis:

1. Bacaan Doa Penutup Majelis untuk Bertaubat

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Arti: “Maha Suci Engkau, ya Allah. Segala sanjungan untuk-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

2. Bacaan Doa Penutup Majelis untuk Memohon Keberkahan Ilmu

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﺭْحَمْنَا ﺑِﺎْﻟﻘُﺮْﺁﻥْ، ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻪُ ﻟَﻨَﺎ ﺇِِﻣَﺎﻣًﺎ ﻭَﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﻫُﺪًﺍ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔْ، ﺃَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺫَﻛِّﺮْﻧَﺎ ﻣِﻨْﻪُ ﻣَﺎ ﻧَﺴِﻴْﻨﺎ وَعَلِّمْنَا ﻣِﻨْﻪُ ﻣَﺎ ﺟَﻬِﻠْﻨَﺎ ﻭَﺍﺭْﺯُقْنَا ﺗِﻼَﻭَﺗَﻪُ ﺁﻧَﺎﺀَ ﺍﻟْﻠَﻴْﻞِ ﻭَﺃَﻃْﺮَﺍﻑَ ﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭْ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻪُ ﻟَﻨَﺎ ﺣُﺠَّﺔً ﻳَﺎ ﺭَﺏَّ ﺍْﻟﻌَﺎﻟَﻤْﻴِﻦ

Arti: “Ya Allah, rahmatilah kami dengan al-Qur’an. Jadikan ia pimpinan, cahaya, petunjuk, dan rahmat. Ya Allah, ingatkanlah kami apa yang terlupa darinya dan ajarkanlah apa yang tidak kami ketahui darinya. Dan berikanlah kami rejeki membacanya sepanjang siang dan malam. Serta jadikanlah ia hujjah penolong kami. Wahai Allah Tuhan semesta alam.”

3. Bacaan Doa Penutup Majelis untuk Rezeki Lebih Luas

ﺭَﺏِّ ﺍْﻧﻔَﻌْﻨَﺎ ﺑِﻤَﺎ ﻋَﻠَّﻤْﺘَﻨَﺎ، ﺭَﺏِّ ﻋَﻠِّﻤْﻨَﺎ ﺍَّﻟﺬِﻱْ ﻳَﻨْﻔَﻌُﻨَﺎ، ﺭَﺏِّ ﻓَﻘِّﻬْﻨَﺎ ﻭَﻓَﻘِّﻪْ ﺃَﻫْﻠَﻨَﺎ، ﻭَﻗَﺮَﺍﺑَﺎﺕِ ﻟَﻨَﺎ ﻓِﻲ ﺩِﻳْﻨِﻨَﺎ، ﺗَﻮَﺳَّﻠْﻨَﺎ ﺑِﺘَﻌَﻠُّﻢٍ، ﺗَﻮَﺳَّﻠْﻨَﺎ ﺑِﺘَﻌْﻠِﻴﻢٍ، ﺍَﻥْ ﺗَﺮْﺯُﻗَﻨَﺎ الوَاسِعَةَ، ﻭَﺍَﻥْ ﺗَﺮْﺯُﻗَﻨَﺎ ﺍﻷَﻣَﺎﻧَﺔ

Arti: “Ya Allah, berilah kami manfaat dari apa yang telah engkau ajarkan pada kami. Ya Allah, berilah kami pengetahuan terhadap apa yang bermanfaat bagi kami. Ya Allah, berilah pemahaman pada kami, dan pada keluarga kami, Serta para kerabat kami dalam memahami agama. Kami bertawasul dengan belajar, kami bertawasul dengan mengajar. Agar Engkau beri kami rejeki yang luas * dan agar Engkau beri kami rejeki amanah.”

4. Bacaan Doa Penutup Majelis untuk Memohon Keteguhan

رَبّنَا اَفْرغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبّتْ اَقْـدَامَنَا

رَبّنَا آتِنَا فِى لدّنْيا حَسَنَة وَفِى الاَخِرَة حَسَنة وَقِنأ عَذَابً النّار

سُبحَان رَبّكَ رَبّ العِزّةِ عَمّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على الْمُرْسَليْن والْحَمْدُ لِلهِ رَبّ الْعَالَمِيْن

Arti: “Ya Allah, curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Ya Allah, berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan kerumah masing-masing. Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.”

Itulah tadi beragam doa penutup untuk acara majelis beserta artinya, semoga bermanfaat!

Baca juga: Hadist Tentang Sedekah dan Manfaatnya Berdasarkan Dalil Al-Qur’an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *