Kumpulan Berita Bali Terbaru Tentang Kesiapan Menerima Turis Asing Meski Pandemi

gokilbangets.com – Kumpulan berita Bali hari ini terbaru di bidang pariwisata misalnya tentang Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) menyatakan bahwa meskipun situasi pandemi saat ini terus memburuk, Bali dinilai siap membuka pintunya bagi wisatawan asing. Harry Hwang, Asia-Pacific Regional Director United Nations World Tourism Organization, menyampaikan pandangan tersebut di sela-sela Bali Democracy Forum.

Harry sampai pada kesimpulan tersebut karena dari pengamatannya, penerapan regulasi sanitasi di Bali cukup baik. Selain itu, aplikasi pelacakan kontak yang wajib mengunduh aplikasi e-HAC sudah bagus. Aplikasi tersebut juga akan membantu jika seseorang terkena Covid-19. 

Diakui Harry, meski Bali masih tertutup bagi wisatawan mancanegara, namun masih banyak wisatawan yang datang. Meski sebagian besar dari Jakarta. Ia menambahkan, implementasi Bali Sanitation Agreement berada pada level terbaik. Jadi, sudah siapkah Bali menyambut kembali turis asing menjelang Natal tahun ini?

1. Serangkaian Perjanjian Perawatan Kesehatan Sebelum Dibuka untuk Turis Asing

Ni Wayan Giri Adynyani, Sekretaris Kemenparekraf, mengatakan belum bisa memperkirakan berapa lama Bali bisa menerima wisatawan asing. Dia menjelaskan, ketika Bali bisa dibuka kembali untuk turis asing, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tidak bisa mengambil keputusan sepihak. Ini harus menjadi keputusan bersama antara pusat (pemerintah) dan semua daerah.

Di saat yang sama,  Febryan A. Ruddyard, Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri, mengatakan tujuannya adalah untuk membawa para pejabat UNWTO ke Bali. Kemudian menunjukkan bagaimana melaksanakan protokol kesehatan di Pulau Dewata. Pemerintah Indonesia tidak menginginkan adanya gap antara Indonesia dengan perjanjian kesehatan berstandar internasional.

Baca Juga : Cerita Rakyat : Kisah Lutung Kasarung Dari Tanah Jawa Barat

2. Kemenparekraf Berharap UNWTO Menyetujui Pedoman Kunjungan Wisatawan

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 sangat berdampak pada perekonomian Bali. Perekonomian Bali yang utama bersumber dari pariwisata. Turis mancanegara menjadi salah satu penyumbang pendapatan turis Pulau Dewata.

Bali sendiri menargetkan memiliki 1.000 peserta industri ekonomi kreatif yang tersertifikasi pada tahun 2020. Pemerintah daerah sendiri berpartisipasi dalam audit terkait CHSE.

Panduan tersebut berisi protokol untuk pelaksanaan acara (pariwisata MICE dan industri kreatif), hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan. Selain itu, dengan adanya kunjungan dari para pejabat UNWTO, mereka dapat menyampaikan kepada masyarakat internasional. Intinya, ketika Bali dibuka kembali untuk wisatawan asing, maka Bali telah siap dengan protokol kesehatan.

3. Korban Meninggal Dunia Akibat COVID-19 di Bali Mencapai 459, Lebih Tinggi Dari Thailand

Sementara jika melihat kasus COVID-19 di Bali, angkanya masih tinggi. Menurut data resmi yang dikutip di situs resmi Satgas COVID-19 Bali, 15.330 warga di Pulau Dewata menderita corona. Dari jumlah tersebut, 459 orang meninggal karena COVID-19.

Angka ini lebih tinggi dibanding angka kematian di Thailand yang juga menjadi wajah utama turis asing di Asia Tenggara. Hingga saat ini, data yang dikutip dari laman O-meter Dunia menunjukkan bahwa jumlah kematian akibat COVID-19 mencapai 60 orang per hari.

Inilah mengapa Thailand membuka gerbang perbatasannya untuk turis dari beberapa negara dua hari lalu. Namun, Thailand juga memberlakukan kewajiban karantina selama dua minggu kepada turis asing sebelum mengizinkan mereka bepergian.

Ni Wayan Giri Adynyani, Sekretaris Kemenparekraf, memahami kesehatan dan keselamatan kerja menjadi prioritas utama wisatawan mancanegara saat ini. Giri menjelaskan, inilah alasan Pemprov Bali memberlakukan kesepakatan CHSE kepada seluruh pemangku kepentingan.

Demikian kumpulan berita Bali hari ini terbaru tentang pariwisata Bali di masa pandemi. Temukan kabar terkini seputar Bali lainnya hanya di https://bali.idntimes.com/

Baca Juga : BERITA TANGERANG HARI INI TERBARU,DAPAT DIBACA SECARA ONLINE

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *