Berikut Ini Adalah Cara Bayar Pajak Motor Online

Gokilbangets.com – Kemajuan teknologi yang semakin meningkat beberapa tahun belakangan memang membawa banyak manfaat.

Salah satu manfaat atau pemanfaatan teknologi yang bisa kita rasakan adalah kemudahan membayar tagihan.

Sudah pasti Anda harus membayar beberapa tagihan, mulai dari tagihan listrik hingga bayar pajak. Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor, tentu saja harus membayar pajak kendaraan bermotor setiap tahunnya.

Dulu, pajak kendaraan bermotor atau PKB hanya bisa dibayarkan secara offline saja. Tentu caranya adalah dengan pergi ke kantor samsat dan langsung membayar.

Tetapi, semakin lama, ada banyak sekali warga yang menunggak dan akhirnya harus dikenakan denda karena tidak sempat apabila harus membayar langsung. Sebagian dari mereka adalah pekerja, sehingga terlambat membayar.

Tahukah Anda bahwa pajak kendaraan bermotor bisa dibayarkan secara online? Cara ini tentu sangat tepat bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk datang langsung ke kantor samsat. Meski demikian, tidak semua kota sudah disupport dengan pembayaran secara online ini.

Sebelum membayar secara online, Anda harus tahu beberapa hal terlebih dahulu, mulai dari apa tujuannya hingga bagaimana cara membayarnya.

Tujuan pemerintah memberikan fasilitas untuk membayar pajak secara online ini adalah agar para warga bisa lebih mudah untuk membayar, sehingga tidak ada alasan terlambat lagi.

Selain itu, hal ini juga berdampak baik kepada negara. Uang pajak kendaraan bermotor ini nantinya akan digunakan untuk kepentingan bersama juga.

Meskipun sudah bisa dibayarkan secara online, ternyata masih ada banyak orang yang belum tahu tentang langkah-langkah melakukannya.

Agar bisa lebih jelas dan mudah untuk diterapkan, berikut ini adalah cara bayar pajar motor online:

1. Masuk portal

Anda bisa memasuki portal samsat online melalui smartphone atau laptop. Anda bisa search di mesin pencarian apa nama portal samsat di kota Anda, karena setiap kota memiliki portal yang berbeda-beda.

Saat memasuki portal, pastikan Anda sedang terhubung dalam koneksi internet yang kuat dan stabil. Akan berbahaya dan cukup memakan waktu apabila tiba-tiba server hang karena koneksi internet yang buruk.

2. Masukkan kode dan konversin nopol

Setelah masuk ke dalam portal, Anda bisa memasukkan kode sesuai dengan instruksi portal. Setelah memasukkan kode, Anda bisa mendapatkan konversi nomor polisi atau nopol. Dalam langkah ini, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti step sesuai dengan instruksi portal.

Baca juga: Inilah Beberapa Game PC Ringan Populer

3. Membayar biaya

Setelah memasukkan kode, tentunya Anda akan mendapatkan berapa nominal pajak yang harus Anda bayarkan.

Setelah tahu berapa nominalnya, Anda bisa langsung membayar melalui ATM. Apabila Anda malas untuk pergi ke ATM hanya untuk membayar biaya ini, maka Anda bisa menggunakan M Banking atau pembayaran via ponsel.

4. Simpan struk

Langkah yang terakhir adalah menyimpan struk hasil pembayaran. Anda bisa menyimpan struk atau memotret struk di smartphone.

Tujuannya adalah agar Anda memiliki bukti bahwa Anda sudah membayar via online dan tidak perlu dikenakan denda lagi.

Setelah mengetahui langkah-langkah diatas, tentu Anda bisa lebih mudah lagi untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Jangan menunda untuk membayar pajak, karena bisa saja Anda terkena denda apabila lebih dari deadline yang ditentukan.

Tentu saja tidak ada orang yang ingin dikenakan biaya tambahan atau denda ini. Warga negara yang baik tentunya harus membayar pajak dengan tepat waktu bukan?

Baca juga: Aplikasi Desain Rumah di Android Top Simpel 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *