Cerita Rakyat : Kisah Lutung Kasarung Dari Tanah Jawa Barat

gokilbangets.com – Lutung Kasarung adalah cerita rakyat yang berasal dari Jawa Barat. Cerita ini sudah banyak diceritakan dari generasi ke generasi. Untuk bisa mewariskannya kepada generasi berikutnya, tentu Anda perlu mengetahui cerita lengkap dari Lutung Kasarung ini. Berikut ini adalah cerita lengkap dari Lutung Kasarung. 

Baca Juga : Nama Bayi Perempuan Islam Modern yang Unik dan Bermakna

“Pada zaman dahulu kala, berdirilah sebuah kerajaan besar bernama kerajaan Pasir Batang. Kerajaan tersebut memiliki 7 orang putri, yang tertua bernama Purbararang dan yang termuda bernama Purbasari. Mereka adalah putri-putri dari Prabu Tapa Agung. Perangai dan sikap dari Purbasari sangat berkebalikan dengan kakak sulungnya.  Purbasari merupakan gadis yang lemah lembut dan baik hati. Ia tidak ragu untuk menolong siapapun. Sementara Purbararang adalah gadis yang suka iri hati kepada siapapun. Ia juga sombong dan kejam. Hal inilah yang membuat Prabu Tapa Agung yakin untuk memilih Purbasari menjadi penerus tahtanya. Ia mengumumkan hal ini di depan semua putrinya dan pergi untuk memulai hidup sebagai seorang pertapa. 

Tahta yang tidak menjadi miliknya membuat Purbararang merasa sangat marah. Setelah hari penobatan, Purbararang meminta bantuan dari seorang nenek sihir. Ia ingin mencelakakan adiknya, Purbasari. Nenek sihir itu memberikan sesuatu yang membuat kulit dan tubuh Purbasari muncul bercak hitam. Hal ini membuat Purbararang memiliki alasan untuk mengusir Purbasari.  Di waktu yang bersamaan, terjadi masalah di khayangan. Pangeran Guru Minda tidak ingin menikah dengan bidadari khayangan. Ia hanya ingin menikah dengan gadis yang sama cantik dengan ibunya. Untuk bisa menemukan wanita itu, Pangeran Guru Minda turun ke bumi dalam wujud Lutung. Hanya sebentar setelah ia turun ke bumi, ia sudah dinobatkan menjadi raja para lutung di hutan. 

Lutung kasarung mendengar kisah tentang kekejaman Purbararang pada Purbasari. Hal ini membuatnya sengaja tertangkap oleh pasukan kerajaan. Ia bertingkah layaknya hewan buas, sehingga Purbararang memerintahkan agar lutung tersebut menghabisi Purbasari di pengasingan. Sayangnya, Uwak Batara mengetahui bahwa Lutung Kasarung bukanlah lutung biasa. Ia meminta Lutung untuk menjaga Purbasari selama ia berada di pengasingan.  Akhirnya, tiba saat lutung bertemu dengan Purbasari. Mereka pun menjadi dekat dan bersahabat. Sifat baik dari Purbasari membuat lutung jatuh cinta padanya, begitu pula sebaliknua. Purbasari merasa terkesima dengan kebijaksanaan dan jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan oleh lutung sehingga ia pun jatuh hati padanya. 

Tanpa sepengetahuan Purbasari, Lutung meminta ibunya untuk membawakan pemandian dari khayangan. Ia ingin Purbasari untuk mandi di pemandian tersebut. Pada saat Purbasari membersihkan diri, kutukan yang sebelumnya ada padanya menjadi luruh. Kecantikan dari Purbasari telah kembali seperti semula. Lutung kasarung yang selama ini sudah menjadi temannya menjadi sangat terkejut. Ia tidak sadar bahwa sebenarnya Purbasari adalah putri yang sangat cantik. Walaupun Purbasari sudah kembali ke wujud asalnya, ia tidak meninggalkan lutung kasarung dan justru semakin menyukainya. Hal ini membuat Purbararang menjadi iri hati dan ingin membunuh adiknya. Untuk itu, ia berkata bahwa bila rambut Purbasari tidak lebih panjang darinya, maka ia harus rela dipenggal mati. Dalam tantangan ini, Purbasari menang dengan rambut setumit. Dengan penuh kemarahan, Purbararang mengatakan bila tunangan Purbasari tidak lebih tampan dari tunangannya, ia harus dipenggal mati. Rasa cintanya pada Lutung Kasarung membuatnya yakin untuk mengakuinya sebagai suami. 

Saat Purbasari sudah siap untuk dipenggal, Lutung Kasarung berubah menjadi sosok Pangeran Guru Minda yang sangat tampan dan gagah. Purbararang pun mengakui kesalahannya. Purbasari dan Pangeran Guru Minda hidup bahagia selamanya.”

Begitulah kisah cerita rakyat lutung kasarung dari daerah jawa barat yang cukup terkenal.

Baca Juga : KISAH CERITA RAKYAT MALIN KUNDANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *