Faktor Munculnya Rasa Bosan Bekerja

Pada hakikatnya manusia biasa tidak akan bisa menghindari rasa bosan yang muncul dikarenakan berbagai hal. Seperti pada saat bosan dengan keadaan rumah, bosan untuk menyantap makanan, bahkan bosan dengan aktivitas sehari hari, seperti bekerja. Tentu hal yang buruk jika sudah mulai mengalami bosan untuk bekerja, maka perlu segera diatasi. Bekerja merupakan kegiatan yang sangat penting, karena umumnya manusia bekerja itu untuk mendapatkan uang, agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari hari, baik itu sekunder maupun primer. Namun, akan ada saat nya kita merasakan bosan atau jenuh dengan pekerjaan yang dilakukan, ditambah lagi jika sudah memiliki pemikiran untuk berhenti kerja dan segera mencari pekerjaan lain. Tapi perlu di ingat, bahwa mencari pekerjaan baru tidak akan semudah yang anda bayangkan dan juga belum tentu pekerjaan yang baru anda tempati bisa lebih baik dari pekerjaan anda sebelumnya. Hal seperti ini bukanlah masalah besar bagi anda yang berstatus masih lajang, namun bagi anda yang sudah berkeluarga akan kerepotan jika tidak segera mendapatkan pekerjaan baru. Maka dari itu, sebelum mengambil sebuah keputusan besar untuk berhenti bekerja, lebih baik dipikirkan dan dipertimbangkan terlebih dahulu.

Baca Juga : 30 Kata-Kata Persahabatan untuk Perpisahan yang Bikin Trenyuh

Ketika rasa bosan ataupun jenuh sudah menghampiri anda pada saat bekerja, tentu hal itu akan berpengaruh terhadap kinerja yang terus menurun, sehingga akan mempengaruhi juga terhadap produktivitas perusahaan tempat anda bekerja. Kira kira apa saja ya penyebab munculnya rasa bosan pada seorang pekerja, penasaran kan? Yuk kita simak lebih lanjut ulasan berikut ini. Pekerjaan yang monoton adalah salah satu penyebab munculnya rasa bosan saat bekerja. Dari yang kita ketahui pada saat awal memulai pekerjaan disuatu perusahaan, tentu akan sangat bersemangat. Namun lama kelamaan anda akan mulai merasa bosan dan jenuh pada jenis tugas yang sama dalam jangka waktu panjang, dimana akan menguras energi, pikiran dan juga waktu. Terlebih lagi jika perusahaan anda tidak memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan diri yang anda miliki. Perasaan jenuh atau bosan juga muncul ketika anda menganggap segala upaya yang telah dikerahkan untuk perusahaan tidak diapresiasi atau diberi penghargaan yang sepadan. 

Tuntutan pekerjaan yang tinggi juga jangan dianggap remeh, karna satu ini juga menjadi penyebab munculnya rasa bosan pada seseorang pekerja. Tuntutan pekerjaan yang tinggi akan membuat anda semakin kelelahan, karna waktu istirahat anda juga semakin berkurang, sehingga menyebabkan stress emosional. Maka dari itu, pekerjaan dan kehidupan pribadi harus dipisahkan, dimana saat waktunya weekend bisa beristirahat dengan tenang ataupun pergi berlibur untuk sekedar refreshing, jangan malah mengerjakan tugas dari kantor dan sebagainya. Selain itu, suasana kantor tempat anda bekerja pun bisa menjadi penyebab munculnya rasa bosan, seperti halnya pada ruangan yang terlalu sempit dengan pencahayaan yang kurang, ventilasi udara yang buruk, tidak kondusif, berisik dan hal lain sebagainya yang dapat mengganggu mood anda saat bekerja. Hal-hal diatas adalah beberapa faktor yang menyebabkan munculnya rasa bosan pada saat anda bekerja, mungkin dengan membaca kata kata motivasi kerja paling tidak dapat membantu anda untuk mengembalikan rasa semangat, “Dalam kesuksesan, kemauan mu untuk sukses harus lebih besar dari pada ketakutan mu akan kegagalan.” – Bill Cosby. Sekian dan terima kasih, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang membaca.

Baca Juga : KURANG SEMANGAT BEKERJA? KUTIPAN BERIKUT INI AKAN MEMOTIVASI ANDA!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *