Hadist Menuntut Ilmu Adalah Amalan Tidak Terputus Setelah Mati

Menuntut Ilmu Merupakan Amal Yang Tak Terputus Setelah Kematian

Kewajiban menuntut ilmu sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh pelajar di dalam ruangan kelas. Sebab dalam hadist menuntut ilmu pun tidak memberikan batasan usia ataupun jenis kelamin bagi mereka yang mempunyai keinginan belajar.

Dalam Islam juga memberikan anjuran kewajiban dalam menuntut ilmu bagi siapapun. Bahwasannya menuntut ilmu adalah kegiatan belajar sesuai dengan yang sudah dipaparkan dalam hadist.

Hadist Menuntut Ilmu

Kewajiban dalam menuntut ilmu memang berlaku untuk semua orang. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh beberapa hadist terkait menuntut ilmu.

Berikut inilah hadist yang membahas semua hal berhubungan dengan menuntut ilmu:

1. Menuntut Ilmu Merupakan Kewajiban untuk Semua Orang

Seperti yang sudah dijelaskan dalam riwayat Ibnu Majah, menyebutkan bahwasannya kegiatan menuntut itu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Kewajiban yang diberikan tidak memandang status sosial, umur ataupun gender.

 “Menuntut ilmu wajib atas setiap Muslim.” (HR. Ibnu Majah No. 224)

2. Dalam Pendidikan Karakter Mengajarkan  Rasa Menghormati Kepada Sesama

Selain terdapat hadist yang menjelaskan kewajiban menuntut ilmu, juga terdapat hadist yang menyebutkan mengenai pentingnya pendidikan karakter. Pada pelajar yang belajar di sekolah, maka ia akan mengerti bagaimana cara menghormati guru.

Hal itu merupakan pelajaran dalam pendidikan karakter, bahwa menghormati guru yang telah berbagi ilmu serta wawasan adalah kebaikan. Sehingga karakter anak yang mendapat pendidikan akan berbeda dengan mereka tanpa pendidikan.

Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap oang yang mengajarkanmu.” (HR Tabrani)

3. Hadist Menuntut Ilmu Dalam Kebajikan dan Mendapatkan Pahala

Keutamaan yang dapat kita semua rasakan setelah menuntut ilmu adalah lebih bertakwa kepada Allah SWT. Seperti yang sudah tertulis dalam riwayat berikut ini:

Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

4. Orang Berilmu Harus Diimbangi Dengan Rendah Hati

Saat menuntut ilmu, kamu juga harus mempunyai sifat rendah hati di dalam diri. Karena ketika sudah berilmu namun tidak bersifat rendah hati, kamu bisa sombong sebab merasa jauh lebih pintar daripada orang lain.

Seperti hadist yang telah diriwayatkan oleh At-Tabrani:

Belajarlah kalian ilmu untuk ketentraman dan ketenangan serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya.”

5. Ilmu Adalah Salah Satu Amalan Kekal Setelah Mati

Menuntut ilmu setinggi mungkin memberikan keistimewaan yang lebih baik ketimbang amalan lain. Hal ini dikarenakan mempunyai ilmu dan wawasan bisa membawa amalan ini sampai mati.

Amalan ilmu tidak akan lepas meskipun hidup seseorang sudah berakhir di dunia. Karena itulah menuntut dan memiliki ilmu menjadi sebuah keistimewaan.

Rasulullah SAW bersabda:

Jika seorang manusia mati, maka terputuslah darinya semua amalnya kecuali dari tiga hal: dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak saleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim No. 1631)

6. Perjalanan Menuntut Ilmu Adalah Keberkahan

Menuntut ilmu memang menjadi amalan yang sangat istimewa, selain memang tidak memutuskan amal juga bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini juga tercantum dalam hadist bahwasannya perjalanan menuntut ilmu akan dipenuhi dengan keberkahan.

Hadist tersebut diriwayatkan oleh Turmudzi, berikut ini:

Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang.”

Baca Juga : Hadits Tentang Menuntut Ilmu

Demikianlah beberapa hadist menuntut ilmu yang dapat kita ketahui bersama. Dengan begitu semua orang akan lebih bersemangat berlomba-lomba mencari ilmu dan memperluas wawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *