Hadist Tentang Sedekah dan Manfaatnya Berdasarkan Dalil Al-Qur’an

hadist sedekah menurut alqur'an

gokilbangets.com – Manfaat Hadist bersedekah berdasarkan Alqur’an Dalam agama Islam, Allah menyukai segala hal yang menyangkut kebaikan. Salah satu perbuatan baik yang disenangi Allah SWT yaitu sedekah. Bersedekah bisa dilakukan tanpa harus memperhatikan jumlah seberapa banyak yang dikeluarkan. 

Makna dari bersedekah menurut hadist tentang sedekah yaitu ada pada keikhlasannya. Ikhlas berarti memberikan tanpa mengharap imbalan dan diniati karena Allah SWT.

Bersedekah ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat dan keutamaan dari bersedekah banyak diriwayatkan dalam beberapa hadist Rasulullah SAW. 

Tak hanya itu saja, manfaat dari sedekah juga disebutkan di dalam Al-Qur’an. Lantas, apa sajakah manfaat yang bisa dirasakan dari bersedekah menurut Hadist dan Al-Qur’an? Berikut ini adalah penjelasannya.

Manfaat Melakukan Sedekah dengan Ikhlas

  • Membuka Pintu Rezeki

Salah satu keajaiban atau manfaat yang bisa dirasakan ketika bersedekah yaitu menjadi jembatan untuk membuka pintu rezeki. Bersedekah bisa dilakukan ketika Anda dalam keadaan lapang maupun sempit. Ketika Anda sedang mendapatkan rezeki lebih maupun ketika sedang mencari rezeki.

Sebagaimana diriwayatkan dalam hadist Qudsi, HR. Muslim, Allah berfirman: “hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” 

Selain itu, bersedekah juga akan membuka pintu rezeki. Sehingga siapapun yang bersedekah, Allah akan mendatangkan rezeki dari tempat dan waktu yang tidak terduga. Hal ini tercantum pada QS. Al Baqarah ayat 261 yang artinya:

“Perumpamaan nafkah yang dikeluarkan oleh orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

  • Membersihkaan Hati dan Jiwa

Bersedekah juga memberikan ketenangan pada hati dan jiwa. Orang-orang yang senang bersedekah akan memiliki tubuh yang sehat. 

Salah satu manfaat dari bersedekah yaitu terhindar dari berbagai macam penyakit sehingga menjaga jasmani dan rohani tetap sehat. Selain itu, dengan bersedekah juga bisa menghindarkan dari penyakit hati seperti iri, dengki dan penyakit hati lainnya.

Hal ini dijelaskan dalam hadist riwayat At Tabrani, Rasulullah SAW bersabda: “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.”

Baca Juga : Hadist Menuntut Ilmu Amalan Yang Tidak Terputus Setelah Meninggal

  • Di Doakan Malaikat dan Diberikan Harta yang Berkah

Manfaat dan keutamaan dari bersedekah yaitu didoakan oleh malaikat setiap harinya serta diberkahkan harta bendanya. Bersedekah merupakan salah satu bentuk syukur kepada Allah SWT atas apa yang diberikan. 

Selain itu, Allah juga menyukai hal-hal atau perbuatan baik sehingga ketika kita memberikan sebagian harta untuk bersedekah, maka Allah akan memberikan keberkahan dan meggantinya dengan pahala.

Hal ini disebutkan dalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda “Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan disana ada dua malaikat yang turun salah satunya berkata ‘ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq’ sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata ’ya Allah, berikanlah kehancuran kepada orang-orang yang menahan (hartanya)”

Selain itu, manfaat ini juga dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah Saba ayat 34 hingga 39 yang artinya “Allah melapangkan dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang dikehendakiNya. Allah melapangkan dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang dikehendakiNya.”

Dengan bersedekah, Allah akan memberikan banyak pahala serta keberkahan. Bersedekah juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara mensucikan harta yang dimiliki sehingga menjadi lebih berkah dan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *