Manfaat Melantunkan Doa-Doa Setelah Sholat 5 Waktu

Manfaat Melantunkan Doa-Doa Setelah Sholat 5 Waktu

Advertisements
Sumber: BAZNAS

Kebiasaan orang muslim setalah melaksanakan ibadah 5 waktu selalu berdoa. Namun tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa orang muslim yang meninggalkan atau tidak sempat melakukan doa setalah sholat. Namun sebagai orang muslim yang taat pada agama, sebaiknya melakukan doa sebelum dan sesudah sholat. Hal in untuk menjaga kesucian batin dan keselamatan jiwa. Apakah anda sudah mengetahui apa saja Doa-doa setelah sholat yang sering dilakukan oleh kalangan muslim?.

Orang muslim yang telah membiasakan berdoa sebelum dan sesudah mengerjakan sesuatu maka darinya mendapatkan ketenanga jiwa dalam hidupnya. Lagi pula berdzikir mupun berdoa setelah maupun sebelum sholat adalah anjuran dari nabi Muhammad SAW. Biasanya orang muslim setelah melaksanakan sholat melantukan dzikir, diantaranya ada istigfar, fatihah, kemudian dilanjutkan lantunan doa-doa lainnya. Tak jarang anak-anak pun melakukan dzikir bersama mereka (orang tua). Namun, apakah anda sendiri mengetahui manfaat berdoa setalah sholat seperti apa?.

Manfaat Doa Setelah Sholat

Banyak yang mempercayai bahwa sholat adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tidak hanya orang muslim yang beranggapan seperti itu, non muslim pun percaya bahwa sholat atau ritual keagaman lainnya bisa mendekatkan dan menyucikan diri.  Dilain sisi apakah anda mengetahui manfaat berdoa setelah melaksanakan ibadah sholat?.

Salah satu manfaat berdoa setalah sholat adalah sumber keberuntungan di dunia dan akhirat. Apakah anda percaya bahwa setelah hidup di dunia terdapat kehidupan yang lebih kekal?. Berdoa adalah salah satu untuk memberikan keberuntungan pada kehidupan yang kekal. Dengan melantunkan Doa-doa setelah sholat dan meminta perlindungan kepada Allah SWT maka urusan dunia dan akhirat menjadi mudah. Tak hanya itu, berdoa pun bisa menjadikan penguat jiwa dan hati.

Baca juga: Ketahui 5 Rukun Khutbah Jumat Ajaran Rasulullah SAW

Berbicara soal ketenangan hati maka sama seperti ketika kita pusing memikirkan suatu kejadian, kemudian mengurus rumah tangga yang runyam, dan lain sebagainya. Anda bisa berdoa dan meminta petunjuk kepada Allah SWT. Orang yang rutin melakukan dzikir dan doa-doa pun akan mendapatkan ampunan dan kebaikan. Rezekinya akan dipermudah dan kesehatannya pun akan senantiasa membaik. Apabila terdapat orang-orang yang masih dalam kondisi tidak baik, misal adanya masalah dalam keluarga, perkerjaan, dan lain sebagainya maka dirinya masih dalam ujian.

Advertisements

Maka dari itu, banyak orang-orang yang putus asa hingga melampiaskan dengan cara meminum minuman haram, berbuat maksiat, dan kejahatan lainnya karena kurang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Anda tidak usah khawatir karena ketidak tenangan hati dan jiwa bisa teratasi ketika kita berdzikir dan melantunkan doa-doa kepada Allah. Hal-hal seperti itu yang dapat memberikan kita sebuah pengetahuan baru, bahwa berdzkir maupun berdoa memiliki nilai dan keutamaan sendiri.

Atasi Masalah Dengan Doa Setelah Sholat

Tidak ada orang di dunia yang semasa hidupnya tidak memiliki suatu masalah. Masalah adalah suatu hal menjadikan kita semua menjadi bersyukur dan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Banyak ayat quran yang mengingatkan diri agar senantiasa meminta perlindungan diri kepada Allah serta meminta pengampunannya. Doa-doa setelah sholat tidak hanya memberikan manfaat kepada kita saja. Melainkan orang yang ada di dekat kita pun merasakan doa-doa yang kita panjatkan.

Dalam hal itu, manfaat berdoa setalah malaksanakan sholat 5 waktu begitu banyak. Tidak hanya untuk ketenagan jiwa pribadi saja. Melainkan untuk ketenangan orang-orang yang ada disekitar kita pula.

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Adzan

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *