Gunung Tertinggi di Indonesia, Berikut Beberapa Diantaranya

Indonesia Memiliki Beberapa Gunung Tertinggi, Berikut Beberapa Diantaranya

Indonesia mempunyai cukup banyak pegunungan dan gunung menjulang tinggi dan tersebar di berbagai lokasi. Beberapa di antara gunung tertinggi di indonesia merupakan jenis gunung vulkanik aktif. 

Dari berbagai gunung-gunung tinggi ini yang ikut membawa Indonesia semakin dikenal oleh dunia sebagai destinasi bagi wisatawan terutama yang suka petualangan.

Berikut ini akan dibahas beberapa puncak gunung tertinggi yang perlu kamu tahu. 

Jaya Wijaya

Puncak yang satu ini dikenal Puncak Carstensz juga dan merupakan titik tertinggi puncak gunung di Indonesia dan berada di Papua. Jaya Wijaya adalah pegunungan Sudirman dengan ketinggian hingga 4.884 mdpl, serta dikelilingi gletser yang bernama Carstensz itu sendiri. 

gunung tertinggi di Indonesia

Gletser ini merupakan gletser tropika, dan satu-satunya yang dipunyai Indonesia dikarenakan jumlah gletser lainnya mulai menipis, karena pemanasan global dan sebagainya. Bukan hanya masuk dalam gunung tertinggi Indonesia, Jaya Wijaya ini masuk juga 7 puncak gunung/ pegunungan tertinggi sedunia. 

Puncaknya ditutupi sedikit salju serta jalur pendakiannya sangat menantang ditaklukkan. Anda butuh persiapan yang ekstra agar bisa menaklukan puncak yang satu ini dan tidak cocok untuk pemula. 

Rinjani

Ketinggian gunung Rinjani ini yaitu 3.726 mdpl dan merupakan gunung berapi yang aktif. Ada daya tarik dari Rinjani yaitu adanya danau kaldera di puncaknya.Gunung Rinjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia

Gunung Rinjani ini dipercaya warga setempat dikendalikan ratu jin yaitu Dewi Anjani. Untuk mencapai titik puncak tertinggi Rinjani, Anda dapat melewati dua jenis jalur pendakian, yaitu Senaru dan Sembalun.

Kerinci

Kerinci ini merupakan gunung tertinggi kalau di Sumatera, Kerinci mempunyai ketinggian hingga 3.805 mdpl. Gunung Kerinci mempunyai kawah di bagian puncaknya dengan memiliki kedalaman hingga 600 meter serta luas kawah kurang lebih 48.000 m2.

Gunung Kerinci salah satu gunung tertinggi di Indonesia

Kerinci berada di area perbatasan Sumatera Barat dengan Jambi dan Gunung Kerinci berlokasi di TNKS atau “Taman Nasional Kerinci Seblat”. Taman ini sendiri yang merupakan taman nasional paling besar se-Indonesia. 

Semeru

Semeru ini terletak pada perbatasan Lumajang dan Malang. Semeru masuk jajaran puncak tertinggi Indonesia dengan ketinggian hingga 3.676 mdpl. Daya tarik Gunung Semeru yaitu karakteristik medan yang bervariasi. 

Gunung Semeru salah satu gunung tertinggi di Indonesia

Jadi, kita bisa menemukan lansekap hutan cemara, padang sabana, danau gunung, sampai hutan montana saat perjalanan menuju titik puncak Semeru. Gunung Semeru juga memiliki makna tertentu untuk umat Hindu. 

Semeru dipercaya merupakan tempat bersemayam dewa. 

Bukit Raya

Ada juga gunung tertinggi lain yaitu Bukit Raya dengan ketinggian hingga 2.278 mdpl. Bukit Raya ini terletak di perbatasan antara Kalimantan Tengah dan Barat. Gunung bisa dicapai lewat dua jalur dengan provinsi yang berbeda, yaitu lewat Desa Kasongan dan Rantau Malam.

Details Paket Bukit Raya - Itenerary - Fasilitas - Paket Pendakian Termurah

Untuk Rantau Malam memiliki jalur yang lebih sering dipilih pendaki dibandingkan jalur Kasongan. Hal ini dikarenakan info pendakian lewat jalur tersebut lebih jelas, terdapat transportasi juga yang digunakan untuk ke Rantau Malam yang mudah diperoleh.

Latimojong

Gunung yang satu ini ada di Sulawesi, Gunung Latimojong mempunyai ketinggian mencapai 3.430 mdpl. Rangkaian pegunungan Latimojong bukan jenis gunung berapi melainkan non-vulkanologi.

Di samping itu, wilayah Latimojong ini dipenuhi juga dengan hutan Montana, karakteristik hutan ini yaitu tumbuh di kawasan ketinggian 2 ribu sampai 3 ribu meter dpl. Jika beruntung, kamu pengunjung Latimojong bisa saja berjumpa dengan anoa, babi rusa atau hewan unik sebagainya di sini,

Sementara jalur pendakian umum untuk mencapai titik puncak Rantemario adalah jalur Baraka.

Baca Juga : 5 Oleh Oleh Khas Parepare

Itu dia beberapa gunung tertinggi di Indonesia yang bisa anda coba daki. Jadi, mau coba daki gunung yang mana dulu nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *