Mengenal Berbagai Sifat Fisik Air Laut

Mengenal Berbagai Sifat Fisik Air Laut

Advertisements
Sumber: Bobo.ID – Grid.ID

Sifat fisik air laut menjadi salah satu bagian dari keilmuan. Air laut memiliki suatu rasa yang cukup khas yakni rasa asin. Rasa ini mewakili salah satu sifat yang tidak berbentuk namun dapat dicicipi. Air laut sendiri juga bagian dari dunia yang membentang luas bahkan berada di antara daratan dan benua lainnya. Dunia yang luas dibatasi oleh bentangan lautan. Berikut yakni Mengenal Berbagai Sifat Fisik Air Laut antara lain :

  1. Pengertian sifat fisik air

Air memiliki peranan penting terhadap dunia. Adanya air juga menjadikan sebab dunia ini tetap lestari dan sejahtera. Air sendiri memiliki 2 jenis yakni tawar dan asin. Kedua jenis air ini tentunya membuat fungsi dan manfaat yang beragam. Air tawar banyak digunakan untuk konsumsi sementara air laut bisa dijadikan garam. Bahkan air memiliki 3 jenis wujud yang juga turut menjadi pembeda. Untuk yang suka kimia dan fisika tentunya akan mengenal wujud air berupa cair, padat dan gas. Anda dapat mengelompokkan air berdasar wujud dan sifatnya.

  1. Tujuan dikelompokkannya sifat fisik air laut

Berbagai perkembangan ilmu pengetahuan membuat banyak perubahan yang nyata. Salah satu keilmuan yang cukup berperan terhadap suatu proses penemuan molekul hingga fungsinya adalah kimia dan fisika. Air laut yang hanya dikenal umum sebagai larutan yang memiliki rasa asin juga sudah dikelompokkan menjadi beberapa sifat. Tujuannya yakni agar memberikan edukasi dan informasi terkait air laut itu sendiri. 

  1. Warna

Ketika sedang berada di laut maka akan ada yang beranggapan bahwa warnanya berasal dari pantulan cahaya. Pandangan terhadap warna air laut yang berasal dari pantulan cahaya ternyata kurang tepat. Air laut tidak memiliki warna dan ketika sudut pandang melihat kilauan biru maka hal itu didapat dari serapan cahaya. Matahari dengan cahayanya berwarna merah, hujau, jingga, biru, kuning bahkan ungu akan bertabrakan dengan molekul air. 

  1. Densitas

Secara arti densitas merupakan bentuk dari kepadatan air laut. Densitas sendiri memiliki nilai mulai dari 1,02 hingga 1,07 gram per cmᵌ. Densitas sendiri juga mempunyai nilai dasar dan berkaitan dengan tekanan, temperatur dan salinitas.

Advertisements
  1. Temperatur

Hampir semua zat dan makluk hidup memiliki temperatur. Air juga mempunyai sifat fisik yakni berupa temperatur. Secara pengertian temperature merupakan sutu suhu yang berupa panas ataupun dingin. Kedua suhu ini dipengaruhi oleh matahari. Secara letaknya, temperature tidak menetap dan dapat berubah karena dipengaruhi oleh berbagai jenis faktor. Pada wilayah tropis, sinar matahari cenderung lebih kuat sehingga air laut mempunyai suhu dengan tingkatan stabil bahkan hangat. Untuk wilayah yang sedikit mendapatkan serapan sinar matahari akan cenderung memiliki suhu yang dingin. Tingkatan suhu ini banyak dipengaruhi oleh berbagai macam faktor mulai dari letak geografis, penguapan, kondisi awan dan sebagainya.

  1. Salinitas

Salinitas merupakan suatu kandungan yang ada pada air laut, sungai hingga danau. Salititas dapat dihitung dalam satuan per seribu. Pada per kilogramnya sendiri, salinitas air laut memiliki rata – rata besaran 3,5 persen. Salinitas yang ada di sungai air tawar juga mempengaruhi perhitungan. Untuk curah hujan juga bisa mempengaruhi tingkatan salinitas.

  1. Tekanan

Air laut memiliki tekanan yang apabila semakin dalam akan semakin besar. Gaya gravitasi bawah akan mempengaruhi gravitasi atas sehingga timbol sinkornisasi. 

Terdapat 5 Sifat Fisik Air Laut yang dapat diterapkan di kehidupan sehari – hari. Anda dapat mempelajarinya untuk menambah tingkatan pengetahuan.

Baca juga: Ternyata Inilah Manfaat Minum Air Hangat yang Tidak Banyak Diketahui

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *