3 Tips Cara Berhemat yang Efektif

Siapa bilang hidup irit itu mudah? Seseorang yang dulunya irit sekalipun dapat menjadi orang yang sangat boros sebab pengaruh gaya hidup orang-orang yang terdapat di sekitarnya. Pengeluaran yang tidak seimbang dengan jumlah gaji mengakibatkan hidup seseorang menjadi serba kekurangan.

Hidup irit dapat terwujud andai Anda dapat mengelola finansial dengan baik. Mulai dengan teknik mengubah kebiasaan sehari-hari, layaknya membuat perkiraan belanja bulanan. Agar semakin terbantu, terapkan sejumlah tips mewujudkan hidup irit berikut supaya pasak tidak lebih banyak daripada tiang.

  1. Belajar Memasak Makanan Sendiri

Biasakan guna bangun lebih pagi supaya Anda bisa menyiapkan bekal makanan dari rumah. Sebab harga sebungkus nasi dan lauk di kantin atau warung dekat kantor lumayan menghabiskan isi dompet. Misalnya, guna satu kali makan, Anda mesti merelakan duit sebesar Rp15.000 – Rp20.000 per hari. Dalam satu bulan, jumlahnya sudah menjangkau ¼ dari gaji bulanan Anda.

tips cara berhemat

Memang, memasak makanan sendiri memerlukan effort yang lebih besar. Anda mesti bangun lebih pagi, menulis menu makanan pada hari sebelumnya, dan melakukan pembelian bahan makanan yang hendak dimasak. Tetapi, teknik ini paling ampuh guna menghemat pengeluaran. Sekali-sekali, kita patut mengupayakan dan membuktikannya sendiri.

  1. Berani Menolak Ajakan Teman

Suka hangout bareng teman? Kebiasaan ini mesti segera diolah supaya isi dompetmu tidak cepat terkuras. Meskipun harga menu makanan yang ditawarkan terjangkau, jumlah dana yang dihabiskan lumayan. Ajakan guna hangout usahakan ditolak supaya pengeluaranmu tetap terkontrol.

Jika teman-temanmu tidak keberatan, kalian dapat mengadakan acara party kecil-kecilan di lokasi tinggalmu. Dengan meluangkan makanan dan minuman ala cafe, keadaan hangout di lokasi tinggal tak kalah asyiknya dengan keadaan di cafe.

  1. Bepergian dengan Angkutan Umum

Bepergian dengan kendaraan pribadi tentu lebih menguntungkan bila dikomparasikan dengan angkutan umum. Di samping lebih cepat, keadaan berkendara pun lebih nyaman. Namun, ongkos perawatan kendaraan pribadi lumayan mahal. Agar mesinnya tidak cepat rusak, Anda butuh memberi servis rutin yang mencakup penggantian spare parts atau mengganti oli.

Agar pemakaian kendaraan pribadi tetap menguntungkan, usahakan pertimbangkan jarak yang hendak ditempuh sebelum bepergian. Apabila jaraknya dekat, lebih baik jalan kaki atau naik angkutan umum. Apabila jaraknya jauh, Anda dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi, tergantung tingkat kepadatan jalan di kotamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *