6 Tips Membangun Hubungan Pertemanan yang Baik

Memiliki teman yang baik itu tidak mudah. Anda membutuhhkan usaha untuk mendapatkannya. Tidak peru berkeluh kesah. Jika anda menemukan teman yang baik, kehidupan anda akan berubah menjadi lebih baik. Membangun sebuah hubungan pertemanan terhadap sesama memiliki nilai ibadah dan manfaat yang besar dalam hidup. Maka cobalah untuk membangun hubungan pertemanan yang baik di sekitar anda.

Tips Membangun Hubungan Pertemanan yang BaikKarena menjalin hubungan itu tidak mudah, maka jangan sia-siakan usaha yang telah dilakukan. Hal ini sama halnya ketika anda mencari teman. Saat sudah mendapatkan teman yang tepat dan baik, usahakan untuk menjaga hubungan tersebut langgeng dan nyaman. Agar anda bisa mempertahankan hubungan pertemanan yang sehat dan baik, berikut ini ada beberapa tips yang patut anda simak.

Baca Juga : Manfaat Memiliki Teman Yang Baik

1. Menghubungi teman di beberapa kesempatan
Untuk menjalin hubungan yang baik dengan teman, upayakan diri anda untuk menghubungi mereka di beberapa kesempatan. Mereka adalah teman anda, dan anda pun teman mereka. Maka anda pun perlu bersikap selayaknya seorang teman pada mereka. Salah satu agar teman merasa nyaman, anda perlu melakukan komunikasi yang baik. Menghubungi mereka pada kesempatan tertentu juga perlu dilakukan.

Ingat, jangan terlalu sering menghubungi teman. Hubungi di beberapa kesempatan saja seperti waktu luang mereka. Jika mereka merasa kurang mood untuk dihubungi, maka hindarilah untuk mengganggu waktu mereka. Karena bisa jadi anda pun mengalaminya.

2. Berbagi topik dan lawakan ringan
Hubungan pertemanan itu tidak monoton. Anda tidak menghubungi teman hanya ketika butuh saja. Berbagilah topik dan lawakan ringan yang bisa membuat anda dan teman tertawa bersama. Jangan kikuk. Teman itu bagaikan saudara yang tidak sedarah. Jadi lakukan obrolan apapun yang bisa membangun hubungan pertemanan tetap langgeng dan nyaman.

3. Mendengarkan keluh-kesah mereka
Teman yang baik adalah tempat yang nyaman untuk berkeluh kesah. Tidak hanya mereka yang mendengarkan keluh-kesah kehidupan anda, tetapi keluh dan kesah mereka pun perlu anda dengarkan. Jadi, manfaat berteman tidak hanya bisa didapatkan oleh satu pihak saja tetapi semuanya pun mendapatkan manfaat hubungan pertemanan.

4. Saling bertanya kabar
Tanyakanlah kepada teman kabar mereka. Selain menambah rasa persaudaraan dan erat hubungan pertemanan, saling bertanya kabar merupakan bentuk dari kepedulian. Sebagai teman yang baik, anda harus peduli terhadap sesama khususnya teman sendiri. Jika anda tidak pernah bertanya kabar kepada teman sama sekali, khawatirnya adalah mereka mengira anda bukan teman yang baik. Dan lagi, mereka bakal mengira bahwa anda adalah teman yang hanya akan dekat jika ada maunya saja.
Hindarilah hubungan pertemanan yang tidak sehat karena hal ini malah akan menyebabkan permusuhan. Sekalinya ada permusuhan, hidup anda akan terasa tidak nyaman.

5. Berbagi kesedihan dan kebahagiaan dengan mereka
Jangan pernah mengecewakan hubungan pertemanan yang anda jalin dengan teman. Pertemanan adalah media yang cocok untuk menumbuhkan rasa empati. Dengan pertemanan yang baik, anda bisa saling berbagi kesedihan dan kebahagian bersama teman.

6. Tidak menceritakan aib teman pada orang lain
Teman yang baik adalah mereka yang jujur dan dapat dipercaya. Maka berusahalah untuk tidak berbohong kepada teman. Selain itu, janganlah menjadi teman yang buruk seperti menceritakan air teman kepada orang lain. Ini bukanlah sikap teman yang baik. Bukannya menjaga hubungan yang baik dengan teman, justru ini adalah tindakan yang merusak pertemanan dan menimbulkan permusuhan.
Itulah 6 tips membangun hubungan pertemananan yang baik antar sesama. Jika anda ingin mendapatkan dukungan dan hubungan yang dari teman, maka berikan dukungan yang baik pula kepada teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *