Manfaat Sikap Disiplin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Sikap Disiplin Dalam Kehidupan Sehari-hari

Advertisements

Manfaat Sikap Disiplin Dalam Kehidupan Sehari-hari yang Wajib Diketahui

PENTINGNYA DISIPLIN WAKTU | Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan  Pertanahan
Sumber: https://disperkimta.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pentingnya-disiplin-waktu-99l

Disiplin mempunyai arti sebuah rasa taat dan patuh pada nilai yang dipercaya serta jadi tanggung jawabnya, dalam arti lain bahwa disiplin adalah patuh pada peraturan atau tunduk terhadap pengawasan dan pengendalian. Arti pendisiplinan adalah sebuah usaha yang dilakukan guna menanamkan nilai atau memaksa agar subjek mentaati sebuah peraturan, disiplin berasal dari dua bahasa. Dalam bahasa Latin Discere yang artinya belajar, dalam bahasa Inggris yaitu Disciple yang artinya pengikut atau murid. 

Tujuan Disiplin

Menurut Ellen G. White, disiplin mempunyai tujuan diantaranya:

  1. Perintah atas diri
  2. Menaklukan kuasa kemauan
  3. Memperbaiki kebiasaan-kebiasaan
  4. Mengajarkan menghormati orang tua dan Ilahi
  5. Penurutan atas dasar prinsip
  6. Menghancurkan benteng setan

Manfaat Disiplin

Terdapat 10 manfaat disiplin yang dapat diperoleh bila dilakukan dengan sungguh-sungguh:

1. Tumbuhnya Kepekaan

Manfaat pertama dari disiplin ialah tumbuh rasa kepekaan pada orang lain, anak tumbuh jadi pribadi yang perasaan halus atau peka serta percaya kepada orang lain. Sikap ini membuat anak mudah mengungkapkan perasaannya pada orang lain, termasuk kepada orang tuanya hingga anak muda menyelami perasaan orang lain.

2. Tumbuhnya Kepedulian

Dengan disiplin membuat anak jadi memiliki integritas, juga dapat memikul tanggung jawab, mampu memecahkan masalah dengan baik, cepat, dan mudah.

3. Mengajarkan Keteraturan

Manfaat disiplin berikutnya ialah anak diajarkan keteraturan hingga anak bisa memiliki pola hidup teratur, dan mampu mengelola waktu yang dimiliki dengan baik.

4. Menumbuhkan Ketenangan

Penelitian menunjukkan bayi yang jarang menangis ternyata mampu memperhatikan lingkungan sekitar dengan baik, pada tahap selanjutnya mudah berinteraksi dengan orang lain.

5. Tumbuhnya Rasa Percaya Diri

Sikap ini berkembang ketika anak diberi kepercayaan guna melakukan suatu pekerjaan yang mampu dikerjakan sendiri.

6. Tumbuhnya Kemandirian

Anak dapat diandalkan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri dengan belajar mandiri, anak mampu mengeksplorasi lingkungan dengan cukup baik. Disiplin merupakan bimbingan yang tepat pada anak, agar sanggup atau mampu menentukan suatu pilihan bijak.

7. Tumbuhnya Keakraban

Anak jadi lebih cepat akrab dan ramah pada orang lain, karena kemampuan adaptasi yang terus diasah.

8. Membantu Perkembangan Otak

Ketika anak berumur 3 tahun pertumbuhan otaknya sangat pesat, anak jadi peniru perilaku yang piawai. Yang bisa mencontoh dengan sempurna perilaku orang tua yang disiplin, hingga dengan sendirinya membentuk kebiasaan, dan sikap yang positif.

Advertisements

9. Membantu Anak yang “Sulit”

Untuk anak berkebutuhan khusus dibutuhkan juga penanganan khusus, dengan disiplin guna menekankan keteraturan anak berkebutuhan khusus supaya mampu hidup lebih baik.

10. Menumbuhkan Sikap Patuh

Disiplin akan membuat arah menuruti aturan yang ditetapkan orang tua atas kemauan sendiri tanpa ada rasa terpaksa atau tertekan.

Jenis Disiplin

1. Disiplin Diri Pribadi

Disiplin pribadi mengandung beberapa unsur misalkan ada sesuatu yang wajib ditaati atau ditinggalkan serta adanya proses sikap seseorang padahal itu.

2. Disiplin Sosial

Disiplin sosial adalah disiplin yang berhubungan dengan masyarakat atau berhubungan dengan lingkungan.

3. Disiplin Nasional

Disiplin nasional dapat diartikan yaitu status mental bangsa yang tampak dalam suatu perbuatan dalam bentuk keputusan dan ketaatan, dilakukan secara sadar atau melalui pembinaan pada norma kehidupan yang berlaku.

Contoh Disiplin

1. Disiplin di rumah: Bangun dan tidur tepat waktu, bantu orang tua, belajar serta mengerjakan PR, makan teratur, merapikan tempat tidur serta kamar.

2. Disiplin di sekolah:

Masuk sekolah tepat waktu, melakukan jadwal piket, membuang sampah pada tempatnya, duduk dengan tenang dan rapi, tidak membuat kekacauan di sekolah, ketika akan keluar kelas izin terlebih dahulu.

Demikian tentang manfaat dari sikap disiplin, macam-macam disiplin, tujuan, dan contoh disiplin, semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membacanya.

Baca juga: 5 Cara Sukses Menjadi Seorang Creativepreneur

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *