Anak Kecanduan Game Online? Begini Cara Mengatasinya

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak anak jaman sekarang yang kecanduan game online mengingat kecanggihan teknologi saat ini membuat mereka tidak lagi tertarik dengan permainan tradisional. Mudahnya mereka bermain gadget serta merambahnya warnet game online serta penyewaan playstation/ps3 membuat mereka dengan mudah menemukan tempat bermain yang menyenangkan.

Jika sudah kecanduan akan sangat sulit bagi mereka untuk meninggalkan. Namun sebagai orangtua Anda tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti berikut:

1. Hindari Membelikan Gadget Untuk Anak

Anak kecil tidak membutuhkan gadget karena mereka belum memiliki kebutuhan berkomunikasi jarak jauh. Untuk itu orangtua sebaiknya tidak membelikan gadget pada anak dibawah umur agar mereka tidak tergoda bermain game online.

Sekali saja mereka bermain maka anak akan terus memiliki keinginan untuk bermain. Hasrat tersebut tidak akan pernah terpuaskan dengan adanya ratusan game menarik yang bisa mereka mainkan. Oleh karena itu sebaiknya sebagai orangtua Anda lah yang harus bijak dalam memenuhi kebutuhan mereka.

2. Batasi Uang Jajan

Membatasi uang jajan anak dapat membantu menghindarkan mereka pergi ke tempat penyewaan playstation/ps3. Meskipun tidak semua anak suka pergi ke tempat tersebut, anak Anda bisa saja terpengaruh pergaulan di sekitarnya dan tertarik mencoba dengan sisa uang jajan yang dimilikinya. Bawakan bekal untuk mereka sehingga Anda tidak perlu memberikan uang jajan terlalu banyak.

3. Jadilah Contoh yang Baik

Orangtua adalah contoh bagi anaknya. Jika Anda lebih banyak bersikap positif, maka anak pun akan ikut melakukan hal-hal yang positif. Anda bisa membatasi diri dari menggunakan gadget selama di rumah agar mereka juga tidak tertarik menyentuhnya.

Lakukan aktivitas-aktivitas sederhana seperti membersihkan rumah atau membaca agar anak menirunya. Usahakan setiap waktu luang yang Anda miliki diisi dengan kegiatan yang positif atau Anda bahkan bisa mengikutsertakan mereka dalam kegiatan Anda,

4. Beri Perhatian Lebih

Anak yang kurang perhatian cenderung mencari-cari sesuatu untuk dijadikan pelampiasan rasa kesepian mereka. Itulah kenapa biasanya mereka lebih suka menghabiskan waktu di luar rumah. Agar mereka tidak mencari-cari kegiatan di luar rumah yang bisa jadi berbahaya di luar sana, berilah perhatian lebih kepada mereka dengan menghabiskan waktu lebih banyak saat Anda sedang tidak bekerja.

Pahamilah mereka agar Anda tahu bagaimana harus bersikap. Jadilah teman baik untuk mereka sehingga Anda tahu apa yang sedang dipikirkan dan diinginkan sehingga mereka terbiasa berbicara dengan Anda.

5. Tambah Kegiatan Anak

Ikutsertakan anak Anda dalam kegiatan ekstrakurikuler yang positif di sekolah agar waktu luang mereka tidak habis terbuang. Ikut dalam bimbingan belajar atau olahraga rutin bisa membuat mereka terbiasa beraktivitas. Saat di rumah mereka bisa menghabiskan waktu beristirahat karena lelah seharian sibuk dengan berbagai kegiatan.

Jika Anda meminta beli gadget, Anda bisa menolaknya dengan halus dan alihkan keinginan mereka dengan memberikan barang lainnya. Harga gadget mungkin tidak mahal karena saat ini banyak toko online yang jual berbagai macam smartphone dengan harga murah, namun masa depan anak Anda tidak boleh dikorbankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *