5 Rekomendasi Buah Bernutrisi untuk Ibu Hamil

gokilbangets.com – Makanan selama hamil yang berupa buah bisa jadi alternatif saat seorang ibu mengalami morning sicness. Tentunya, setiap orang berbeda gejalanya, namun kebutuhan nutrisinya tentu sama atau rata-rata sama. Berikut adalah pilihan buah untuk ibu hamil yang harus dimakan selama hamil

1. Apel

Apel mengandung serat yang sangat tinggi, yang dapat membantu mengatur pencernaan wanita dan mencegah wasir – masalah umum yang dihadapi banyak wanita hamil.

2. Jeruk

Buah jeruk seperti lemon dan jeruk kaya akan vitamin C. Vitamin C bertanggung jawab untuk membantu tulang bayi Anda tumbuh dengan baik. Soal gangguan pencernaan dan imunitas ibu hamil, jeruk sangat dapat diandalkan. 

Kemudian, asam folat. Vitamin penting ini mengurangi resiko cacat lahir yang mempengaruhi sumsum tulang belakang. Semua wanita usia subur dan wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya 400 mikrogram setiap hari. 

Sumber makanan alami folat termasuk kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan buah jeruk. Asam folat dapat diperoleh melalui makanan yang diperkaya dan diperkaya seperti sereal, pasta dan roti serta suplemen.

3. Pisang

Pisang adalah sumber potasium yang luar biasa. Kalium dapat sangat membantu mengatur cairan dan tekanan darah dalam tubuh wanita dan mencegah kram kaki atau nyeri selama tahap akhir kehamilan.

Baca Juga : Pompa Asi yang Cocok Menjadi Rekomendasi Alat ASIP (Asi Perah) Bagi Ibu

4. Buah Kiwi

Kiwi mengandung asam folat tingkat tinggi dan selain itu lezat. Selain itu, kiwi juga membantu ibu hamil menyerap zat besi dengan lebih efisien, dan ini terbukti penting untuk memastikan bahwa darah ibu membawa cukup oksigen ke bayinya.

Vitamin penting ini mengurangi risiko cacat lahir yang mempengaruhi sumsum tulang belakang. Semua wanita usia subur dan wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya 400 mikrogram setiap hari. Sumber makanan alami folat termasuk kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan buah jeruk. Asam folat dapat diperoleh melalui makanan yang diperkaya dan diperkaya seperti sereal, pasta dan roti serta suplemen. 

4. Semangka

Semangka memiliki semuanya: vitamin A, C dan B6 tingkat tinggi, serta kalium untuk kram dan magnesium. Semangka sangat cocok dimakan langsung. Apalagi, semangka juga punya banyak kandungan serat serta air yang baik untuk menjaga kelembaban tubuh. Dehidrasi berakibat fatal bagi ibu hamil, karena itu, konsumsi semangka akan sangat membantu.

5. Berries

Ini termasuk stroberi, blueberry, raspberry, dan hampir semua buah beri lain yang Anda inginkan! Buah beri kaya akan antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit serius bagi ibu dan bayi. Kekurangan zat besi pada ibu adalah kekurangan nutrisi yang paling umum terjadi selama kehamilan. 

Wanita hamil membutuhkan setidaknya 27 miligram zat besi setiap hari. Makanan dengan jumlah zat besi tinggi dan sedang termasuk daging merah, ayam dan ikan, sereal yang diperkaya, bayam, beberapa sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan.

 Untuk vegetarian dan wanita yang tidak banyak makan daging, tingkatkan penyerapan zat besi dengan menggabungkan sumber zat besi nabati dengan makanan kaya vitamin C. Misalnya, cobalah salad bayam dengan jeruk mandarin atau sereal yang diperkaya zat besi dengan stroberi.

Ternyata, banyak juga buah untuk ibu hamil yang mudah ditemukan dan berupa buah. Jadi, badan tidak akan terlalu mual karena buah-buahan biasanya tidak memberikan bau eneg yang tajam dan mengganggu indra penciuman ibu hamil yang memang lebih sensitif. Manakah buah kesukaan Anda? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *