Tips Supaya Anak Betah Di Rumah

Seiring dengan bertambah usia, anak pun semakin aktif pula dalam melakukan segala sesuatu. Bahkan banyak anak yang justru lebih banyak bermain di luar daripada di rumah. Memang bermain di luar itu sangat baik bagi perkembangan anak, terutama dalam melatih sistem motorik serta perkembangan sosial anak. Karena dengan bermain di luar, anak bisa bermain dengan anak-anak lainnya yang sebaya, sehingga bisa bersosialisasi. Akan tetapi bermain di luar juga ada banyak sisi negatifnya, karena orang tua tidak bisa mengontrol  kegiatan anak diluar rumah, apakah anak bermain dengan temannya yang baik-baik atau sebaliknya sehingga anak akan terpengaruh dengan hal-hal yang tidak baik tersebut.Apakah anak bermain yang bisa membahayakan dirinya atau tidak, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara supaya anak lebih betah bermain di rumah? Berikut tips supaya anak betah di rumah :

  1. Ciptakan Kondisi Yang Nyaman Dan Aman Bagi Anak

Salah satu faktor yang membuat anak menjadi tidak betah di rumah adalah karena si anak tidak merasa nyaman pada saat berada di dalam rumah tersebut. Rasa tidak nyaman ini mungkin bisa disebabkan oleh perilaku orang tuanya yang tidak baik, misalnya sering terjadi pertengkaran antara ayah dan bunda di depan anak, sehingga anak menjadi risi dan tidak nyaman. Untuk itulah kita sebagai orang tua harus menciptakan rasa aman dan nyaman di dalam rumah, sehingga anak menjadi lebih betah tinggal di rumah.

kondisi anak di rumah

  1. Siapkan Mainan Anak Di Rumah

Pada usia anak, tentunya mereka akan suka dengan mainan. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus menyiapkan mainan anak, tentunya mainan yang disukai oleh anak dan sesuai dengan jenis kelaminnya. Misalnya, kalau anak laki-laki, mainan yang harus disiapkan seperti pistol-pistolan, mobil-mobilan, robot-robotan, dan lain sebagainya. Dan kalau anak perempuan, mainan yang harus disediakan seperti boneka, perabotan dapur mainan, dan lain sebagainya. Dengan disediakannya mainan tersebut, diharapkan si anak akan menjadi lebih betah untuk bermain di rumah.

  1. Siapkan Makanan Kesukaannya

Setelah menyiapkan mainan, langkah selanjutnya supaya anak betah di rumah adalah orang tua harus selalu menyiapkan makanan kesukaan anak. Dengan menyediakan makanan kesukaan anak, diharapkan si anak menjadi betah di rumah, dan tidak sering jajan diluar. Karena kita tahu, saat ini banyak sekali jajanan anak yang tidak sehat diluaran sana.

  1. Kasih Nasihat

Tips yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah dengan cara menasehati anak supaya jangan terlalu sering bermain di luar rumah. Tentunya dengan cara yang bijaksana, karena jangan sampai anda menasehati anak dengan marah-marah. Jika anda menasehati anak dengan sambil marah, selain nasihat tersebut tidak akan masuk dan dipahami anak, namun juga bisa membuat trauma sang anak.

Itulah beberapa tips yang bisa moms terapkan di rumah supaya anaknya betah di rumah. Dan ingat! Bagaimanapun masa anak adalah masa bermain, sehingga moms harus sangat bijak dalam menghadapi anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *