Ini Dia Tips Membeli Ponsel Android Yang Harus Kalian Ketahui

Dengan munculnya berbagai merk ponsel android yang ada saat ini, Anda mungkin bingung memilih ponsel android seperti apa yang cocok digunakan untuk menunjang pekerjaan serta kebutuhan komunikasi Anda. Semakin perkembangnya teknologi membuat munculnya puluhan fitur baru dalam ponsel android. Hasilnya Anda mungkin perlu membuat beberapa pertimbangan sebelum memutuskan ponsel mana yang ingin dibeli.

1. Pilih Sistem Operasi Terbaru

Sistem operasi atau OS merupakan komponen terpenting dalam android. Dari masa ke masa sistem operasi terus berkembang dari mulai versi pertama hingga saat ini sudah sampai versi ke tujuh. Tentunya jika Anda ingin membeli ponsel android yang berkualitas Anda harus memilih versi terbaru, yaitu saat ini versi Nougat 7.0. Jika budget kurang mencukupi minimal Anda bisa beli versi sebelumnya yaitu Marshmallow 6.0.

Semakin baru versi androidnya, maka akan semakin banyak fitur barunya. Selain itu, tiap vendor ponsel pun berbeda-beda dalam memberikan update sistem android agar performa ponsel bisa semakin meningkat saat digunakan.

2. Pilih Processor Terbaik

Processor merupakan inti dari sebuah ponsel android dimana tanpa adanya processor yang berkualitas maka ponsel akan lemot dan kurang nyaman digunakan. Ada banyak merk processor yang digunakan dalam ponsel android namun beberapa merk yang terkenal diantaranya adalah Snapdragon, Qualcomm dan Exynos. Sayangnya harga ponsel android dengan processor merk-merk tersebut biasanya mahal.

Jika Anda punya budget yang cukup tidak masalah memilih yang terbaik guna mendapatkan performa ponsel yang menakjubkan. Selain merk, perhatikan juga seri processornya. Biasanya untuk nomor seri semakin banyak akan semakin bagus. Misalnya seri terendah adalah 200, seri pertengahan 600 dan tertinggi 800. Satu hal lagi, pilihlah inti core yang paling banyak yang saat ini adalah 10 core atau decacore.

3. Pilih GPU dengan Performa Tinggi

GPU atau Graphics Processing Unit merupakan sistem yang memproses grafik pada ponsel. Semakin baik tipenya maka akan semakin jernih tampilan ponselnya. Sama halnya seperti processor, GPU juga bisa dipilih berdasarkan tipe, seri serta jumlah core. Semakin tinggi maka akan semakin bagus.

4. Pilih Jaringan Terbaik

Saat ini jaring 4G merupakan jaringan tertinggi dan terbaik pada ponsel. Dengan jaringan 4G maka ponsel android yang Anda gunakan tidak akan lemot saat terhubung dengan internet. Akan tetapi jangan asal membeli ponsel 4G. Memang banyak sekali merk ponsel 4G dengan harga murah saat ini, namun beberapa diantaranya masih lemot saat digunakan karena jenis 4G yang digunakan kurang bagus dalam menangkap sinyal.

Pilih kategori 4G dengan jumlah nomor yang paling banyak misalnya cat 4 atau cat 6. Pastikan di tempat tinggal Anda terdapat sinyal 4G sebelum membeli ponsel karena masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjangkau sinyal tersebut.

5. Pilih Baterai Besar

Agar ponsel bisa digunakan dalam jangka waktu lama tanpa dicharger, Anda bisa memilih baterai dengan kapasitas yang besar. Baterai standard berkapasitas 2500 mAh dan lebih tinggi dari itu maka akn semakin baik. Beberapa fitur baterai seperti fast charging atau wireless charging juga bisa dimanfaatkan jika Anda memilih ponsel dengan fitur-fitur yang canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *