Ini Dia Tips Merawat Aquarium Agar Tetap Jernih

Aquarium bisa menjadi hiasan cantik di rumah Anda untuk memberikan rasa sejuk di mata. Namun jika air aquarium mulai keruh, pemandangan yang indah itu pun jadi tak sedap dipandang mata. Oleh karena itu aquarium harus dibersihkan secara teratur agar kotoran tidak menumpuk. Merawat aquarium memang tidak mudah, namun dengan ketekunan dan kesabaran aquarium yang Anda miliki bisa tetap indah dan cantik.

1. Bersihkan Filter Aquarium

Kunci kebersihan aquarium ada pada filternya karena filter tersebut berfungsi sebagai penyaring kotoran agar air tetap jernih. Jadi jika Anda ingin air aquarium terjaga kebersihannya, maka jagalah kebersihan filter terlebih dahulu. Pada filter aquarium terdapat kain yang dijadikan sebagai penyaring. Kain tersebut harus dicuci setiap hari supaya air aquarium selalu bersih.

Oleh karena itu usahakan untuk memiliki minimal dua kain filter agar Anda memiliki cadangan untuk menggantikan kain filter yang sedang dicuci. Membersihkan kain filter akan menjaga selang filter tetap bersih dari kotoran yang menyumbat. Selang filter mudah sekali tersumbat kotoran jika kain tidak dicuci secara teratur.

Dengan mencuci kain setiap hari, minimal Anda bisa membersihkan selangnya seminggu sekali. Mencuci kain filter jauh lebih mudah daripada harus mencuci keseluruhan aquarium yang tentunya sangat merepotkan dan melelahkan.

2. Hindari Menambahkan Banyak Aksesoris

Menghiasi aquarium dengan berbagai aksesoris cantik seperti bebatuan memang sangat menyenangkan. Akan tetapi semakin banyak aksesoris maka akan semakin banyak pula kotoran yang terselip di dalamnya.

Artinya Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan keseluruhan aquarium. Tiap aksesoris yang terdapat di dalam aquarium terdapat kotoran. Jika semua kotoran menumpuk maka air secara otomatis akan menjadi keruh. Mengurangi aksesoris bisa mencegah air terlalu cepat keruh.

3. Kuras Aquarium

Meskipun filter sudah dibersihkan secara teratur bukan berarti Anda terlepas dari tugas membersihkan keseluruhan aquarium. Sejernih apapun air aquarium, air tersebut perlu diganti minimal dua minggu sekali agar ikan-ikan yang ada di dalamnya tumbuh sehat dan bebas penyakit. Kuraslah airnya dan bersihkan kacanya dari kotoran serta lumut yang menempel. Gantilah airnya dengan yang baru supaya air terjaga kebersihannya.

4. Tambahkan arang

Arang berfungsi menyerap bau amis yang ada di dalam aquarium. Arang yang digunakan pada aquarium merupakan arang khusus yang bisa Anda dapatkan di toko-toko terdekat. Dengan arang tersebut bau amis ikan yang ada di dalamnya dapat terserap sehingga ruangan di rumah Anda tidak tercemar udaranya.

5. Periksa Kesehatan Ikan

Merawat aquarium tidak hanya meliputi kejernihan airnya dan kebersihan filternya saja, namun juga memeriksa kesehatan ikannya. Sebenarnya dengan air yang jernih maka ikan pun akan sehat, namun beberapa jenis ikan membutuhkan air pada temperatur tertentu agar bisa bertahan hidup dengan baik. Perhatikan jenis ikan dan sesuaikan jenis airnya, misalnya jika ikan air asin maka airnya perlu ditambahkan satu hingga dua sendok teh saja setiap 4 liter air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *