Pemasangan Lampu Downlight LED agar Cahayanya Merata

Lampu downlight LED merupakan jenis lampu yang pemasangannya bisa dilakukan dengan berbagai cara agar cahayanya bisa menyebar merata ke semua ruangan. Pemasangan dengan pola merata akan membuat cahaya yang dihasilkan memenuhi ruangan sehingga terlihat lebih luas.

Cara pemasangan ini cocok diterapkan untuk rumah yang minimalis. Anda hanya perlu paham bahwa pemasangan konstelasi lampu downlight perlu sangat diperhatikan tidak bisa dilakukan sembarangan.

Jangan melakukan pemasangan yang terlalu sporadis karena dapat membuat cahaya yang dihasilkan menjadi berantakan. Jika Anda melakukan pemasangan yang merata dan simetris maka cahayanya akan sangat teratur seperti lampu yang ada di bandara.

Pemasangan secara merata ini bisa dilakukan dengan variasi lampu di plafon dan dinding. Ruangan yang Anda miliki akan terang sehingga tidak ada lagi spot gelap di bagian sudut ruangan. Cahaya yang merata untuk ruangan di rumah Anda juga bisa didapatkan dengan pemasangan menggunakan teknik wall-washing yang juga akan memberikan efek yang dramatis.

Teknik ini dilakukan dengan membuat fokus pada cahaya lampu ke beberapa fitur ruangan. Misalnya dengan mengarahkan ke dinding sehingga membuat ruangan yang dimiliki terkesan rapi selain membuat cahaya menyebar rata di ruangan.

Pemasangan dengan cara ini juga sangat bagus dan tepat di dalam ruangan rumah yang sempit. Anda bisa memilih bagian dinding yang ingin difokuskan bisa lukisan atau pun kolase foto.

Pemasangan yang Ideal untuk Lampu Downlight LED

bedroom-downlights

Lampu downlight LED merupakan lampu yang pemasangan idealnya perlu disesuaikan dengan ketinggian ruangan. Jika tingginya mencapai 3 meter maka pemasangan lampu downlight ukurannya 1 meter dari dinding.

Jarak antar lampu downlight pun harus 1 meter antara lampu yang satu dengan lainnya. Jika tinggi ruangan rumah Anda lebih dari 3 meter pemasangan lampu dilakukan dengan jarak 1,5 meter di antara dinding dan juga antara lampu.

Tujuan dari jarak pemasangan yang diatur ini untuk mendapatkan sorotan cahaya dinding tidak tumbuh tindih. Dalam pemasangan lampu Anda juga perlu memilih trim yang sesuai dengan ruangan agar bisa membuat ruangan terlihat lebih luas.

Trim yang dipilih akan menentukan besaran diameter pada lubang plafon nantinya. Buat Anda yang ingin menerapkan teknik lain juga bisa menggunakan teknik downlight yang akan menonjolkan tekstur dinding rumah.

Khusus buat Anda yang memang dindingnya unik menggunakan batu bata atau pun kayu yang dibuat kreatif. Selain itu pemasangan yang ideal juga bisa didapatkan dengan membuat layer pencahayaan terlebih dahulu dengan berbagai tipe.

Anda bisa memilih cove lighting atau under-cabinet light. Pemasangan yang akan mencegah adanya area gelap sehingga ruangan tetap terlihat luas. Pemasangan lampu juga perlu dilakukan dengan memperhatikan bagian sudut ruangan agar tidak ada bagian yang tertutupi.

Bagian yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Lampu Downlight LED

bathroom-downlight

Ketika Anda akan membeli lampu downlight LED perhatikan ukuran diameter yang digunakan untuk pemasangan lampu pada plafon. Setelah itu siapkan sambungan kabel yang sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan kabel listriknya digunakan adalah kualitas terbaik. Lakukan rangkaian lampu dengan cermat agar tidak terjadi kerusakan. Saat Anda melakukan pemasangan nantinya jangan sampai salah dan cobalah lampu untuk melihat cahayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *