Perlukah Anak Memakai Helm? Berikut Beberapa Tips Untuk Menemukan Helm yang Tepat

Sama seperti Anda, anak-anak juga perlu memakai helm saat berkendara karena mereka juga memerlukan perlindungan selama dalam perjalanan. Mengajarkan anak memakai helm juga bisa membuat mereka terbiasa tertib berlalu lintas hingga dewasa. Memilih helm untuk anak sebenarnya cukup mudah, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Pilih Helm Berstandar

Standar SNI harus ada di setiap helm yang ingin Anda beli untuk anak karena dengan adanya standar tersebut artinya helm sudah dibuat dan dirancang dengan benar untuk keamanan. Selain standar SNI, ada juga standar lain seperti ASTM yaitu standar versi Amerika.

2. Sesuaikan Ukuran

Tidak semua toko helm mengizinkan calon pembeli mencoba terlebih dahulu. Untuk itu Anda harus memilih toko yang memperbolehkan Anda mencoba sebelum membeli agar ukuran helm pas dan sesuai dengan kepala anak. Ukuran yang pas sangat mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan.

Sekali saja anak merasa tidak nyaman mereka bisa saja kapok dan tidak lagi mau memakai helm. Jika Anda kesulitan membeli secara offline, Anda bisa membeli helm secara online karena beberapa toko online menerima penukaran jika barang tidak sesuai. Dengan begitu Anda tidak akan rugi kalau helm yang dibeli ternyata terlalu kecil atau longgar.

3. Pastikan Helm Ringan

Selain ukuran, bobot helm juga berpengaruh terhadap kenyamanan. Kepala anak yang masih kecil tidak kuat menopang beban berat. Jadi pastikan helm yang akan dibeli cukup ringan di kepala mereka namun tetap melindungi dengan baik. Helm yang berat bisa membuat mereka merasa pusing dan tidak nyaman.

4. Pilih Lensa Gelap

Lensa pada helm berfungsi sebagai pelindung dari berbagai hal seperti debu atau angin. Helm dengan lensa gelap lebih cocok untuk anak-anak agar mereka tidak silau terkena pantulan sinar matahari.

5. Perhatikan Kain Bagian Dalam

Selain bagian luar, bagian dalam helm juga perlu diperhatikan. Anak-anak harus merasa nyaman dan aman ketika menggunakan helm. Oleh karena itu helm yang baik adalah helm yang memiliki kain lembut menyerap keringt serta bantalan yang tebal agar kepala terlindung dari benturan. Selain itu kain yang bisa dilepas juga memudahkan Anda mencuci helm sehingga anak tetap merasa nyaman dan terhindar dari kuman serta kotoran.

6. Pertimbangkan Tipe Tali Pengikat

Tali pengikat yang paling bagus adalah yang berbunyi klik saat dipasang. Jadi jika Anda ingin anak tetap aman saat berkendara, pastikan tali pengikat kuat dan tidak mudah lepas. Akan lebih baik jika tali mudah dipasang dan dilepas agar anak bisa belajar memakai helm sendiri.

7. Beli Helm Murah

Murah bukan berarti murahan. Membeli helm anak tidak perlu menghabiskan banyak uang. Yang terpenting anak merasa nyaman dan kepalanya terlindungi dengan maksimal. Harga mahal tidak menjamin kualitas yang baik meski kebanyakan produk memang demikian. Banyak helm anak murah yang bisa Anda temukan di toko online maupun offline dengan tetap memberikan spesifikasi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *