Takut Belanja Smartphone Secara Online? Simak Tips Berikut Agar Anda Tidak Terjebak Penipuan

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini ada ribuan produk smartphone yang dijual di ribuan toko online. Menariknya, beberapa merk smartphone yang ada di toko online memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan yang dijual di toko offline.

Akan tetapi membeli smartphone secara online memang terkadang disertai rasa was-was terjebak dalam penipuan oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu perhatikan hal-hal berikut ini agar Anda tetap mendapatkan ponsel original meski berbelanja secara online.

1. Pahami Spesifikasi Smartphone Secara Detail

Jika Anda sudah memutuskan ponsel merk apa yang ingin dibeli, pastikan Anda tahu semua spesifikasi smartphone tersebut. Ketika Anda mengecek deskripsi produk pada toko online yang dikunjungi, Anda bisa mencocokkan spesifikasi asli smarpthone dengan yang ada pada toko tersebut. Akan tetapi mengandalkan cara ini saja sebenarnya kurang efektif karena banyak toko online yang hanya sekedar copy paste dari Google saat membuat deskripsi produk.

2. Jangan Tergiur Harga Murah

Toko online bisa saja memberikan harga yang lebih murah dari toko offline kepada Anda, namun perbedaan harga biasanya hanya terjadi sedikit saja. Jika ada selisih harga yang cukup signifikan di produk yang sama Anda patut waspada. Meskipun sekilas sangat menggiurkan, Anda bisa saja masuk ke dalam jebakan oknum nakal. Jadi pilihlah smartphone dengan harga yang masuk akal sesuai dengan standar harganya di pasaran.

3. Cek Ketersediaan

Beberapa produk smartphone sudah tidak dirilis lagi oleh vendor resmi karena sudah ada pengganti produk yang baru. Jika ada toko online yang jual produk tersebut Anda patut waspada karena bisa jadi itu merupakan barang palsu. Mengecek ketersediaan produk pada vendor sangat penting agar Anda tahu sebenarnya smartphone yang Anda inginkan masih dalam masa produksi atau tidak. Anda bisa mengeceknya ke outlet resmi terdekat sebelum memutuskan membeli secara online.

4. Pilih Toko dengan Reputasi Baik

Dimanapun Anda membelinya, online ataupun offline, pastikan untuk selalu memilih toko terpercaya yang sudah memiliki reputasi baik. E-commerce yang besar pun terkadang bukan jaminan semua produknya asli mengingat banyak sekali penjual yang ikut berjualan disana. Itulah kenapa Anda perlu membaca ulasan dari para konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian terlebih dahulu.

5. Periksa Garansi

Ada dua jenis garansi yang perlu Anda ketahui, yaitu garansi resmi dan garansi toko. Akan lebih baik jika smartphone yang Anda beli memiliki kedua garansi tersebut meskipun sebenarnya garansi resmi dari pabrik saja sudah cukup. Yang perlu diwaspadai adalah ketika produk smartphone hanya dilengkapi garansi toko saja tanpa garansi resmi. Bisa jadi itu merupakan produk palsu.

6. Minta COD

Pilihlah toko online yang memberikan fitur COD atau bayar di tempat agar Anda bisa mengecek barangnya secara langsung sebelum membeli. Saat ini sudah banyak toko online yang memberikan kemudahan pembayaran bagi konsumennya dengan fitur COD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *