Tips Memilih Ac Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Di era modern sekarang ini memiliki AC menjadi sebuah kebutuhan terutama jika Anda tinggal di daerah yang sangat panas. Akan tetapi beragamnya merk AC yang bisa Anda temukan di pasaran mungkin membuat Anda bingung produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Mempertimbangkan harga saja tidak cukup karena yang mahal belum tentu bagus dan yang murah belum tentu jelek. Semua harus dipertimbangkan berdasarkan apa yang Anda butuhkan. Simak beberapa tips berikut ini sebelum memutuskan membeli AC.

1. Ukur Luas Ruangan

AC yang bagus adalah AC yang sesuai dengan luas ruangan Anda. Apalah artinya harga mahal dengan merk ternama jika PK AC tidak pas dengan ruangan di rumah Anda. Oleh karena itu ukurlah ruangan terlebih dahulu untuk menentukan kira-kira AC berapa PK yang cocok dipasang disana.

Biasanya ruangan kecil yang berukuran 10 meter persegi memerlukan AC berukuran ½ PK. Semakin luas ruangannya, maka semakin tinggi PK yang dibutuhkan. Jangan membeli AC dengan PK besar jika ruangan Anda kecil karena itu sama saja membuang-buang uang.

2. AC Hemat Listrik

Setelah menemukan AC dengan PK yang sesuai, sekarang saatnya Anda memilih produk yang hemat listrik. AC di rentan harga yang sama bisa saja memerlukan daya listrik yang berbeda. Untuk menghemat listrik di rumah Anda sebaiknya pilihlah AC dengan daya listrik yang rendah. Tidak perlu bingung mencari produk semacam itu karena saat ini banyak sekali vendor yang berlomba-lomba menghadirkan prodil AC hemat listrik misalnya dengan memberikan fitur inverter.

Nyatanya fitur ini memang efektif menghemat penggunaan listrik karena inverter dapat membantu AC mencapai suhu tertentu tanpa memerlukan waktu yang lama sehingga menghemat energi. Selain itu, sumber daya yang digunakan pun lebih kecil daripada AC tanpa inverter. Jadi sebagai solusinya Anda bisa beli produk AC dengan embel-embel inverter.

3. Fitur Sesuai Kebutuhan

Tidak semua orang ingin menggunakan AC yang hemat listrik. Fitur tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda tidak masalah dengan daya listrik tinggi, mungkin Anda tipe orang yang sangat memperhatikan kesehatan keluarga. Jika demikian pilihlah AC dengan teknologi anti bakteri atau plasmacluster.

Fitur ini dapat membuat udara di ruangan Anda terbebas dari jamur, bakteri dan alergen. Selain itu masih banyak fitur-fitur lain yang bisa Anda pertimbangkan agar sesuai dengan kebutuhan.

4. Pas dengan Budget

Terlepas dari beberapa pertimbangan diatas, budget merupakan hal pertama dan utama yang harus dipikirkan. AC tipe apapun yang ingin Anda beli harus sesuai dengan budget. Hindari membeli AC secara kredit agar tidak terjadi masalah keuangan di waktu yang akan datang. Pastikan untuk menghindari semua tipe dan merk AC yang tidak pas dengan budget yang tersedia.

Masih bingung memilih tempat membeli AC? Sekarang banyak sekali toko online nya loh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *