15 Tempat Wisata di Jakarta, Kota Metropolitan

Gokilbangets.com – Jakarta tak cuma dikenal sebagai ibukota negara, namun juga kota metropolitan. Dengan hiruk pikuk yang selalu padat setiap harinya, Jakarta ternyata menyimpan sisi lain. Salah satunya adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar negeri. Apa sajakah tempat wisata di Jakarta tersebut?

1. Museum Fatahillah

museum-fatahillah

Belajar mengenal sejarah bangsa ternyata tak begitu sulit, bahkan menyenangkan. Hal ini terlihat saat Anda mengunjungi Museum Fatahillah. Peninggalan bangsa Belanda yang masih terawat sampai sekarang dengan cerita sejarah dibaliknya.

Selain dikenal sebagai Museum Fatahillah, tempat wisata di Jakarta ini juga disebut Museum Batavia atau Sejarah Jakarta. Lokasinya berada di Jalan Fatahillah No. 2, Jakarta Barat. Anda bisa berkunjung kesini dari jam 9 pagi – 3 sore setiap hari Selasa hingga Minggu.

2. Masjid Istiqlal

Masjid-Istiqlal

Dibangun pada tahun 1961, Istiqlal merupakan simbol keberagamaan di Indonesia. Arsitektur masjid dirancang oleh seorang kristiani bernama Frederick Silaban.

Posisinya cukup unik, sebab bersebelahan langsung dengan Gereja Katedral Jakarta. Konsepnya sendiri memadankan Eropa, Indonesia, dan Timur Tengah.

3. Pasar Tanah Abang

Pasar-Tanah-Abang

Pusat grosir terbesar di Asia Tenggara ini selalu ramai setiap harinya. Jam operasionalnya dimulai dari subuh sampai maghrib tiba. Para pelanggannya tak hanya berasal dari Indonesia, namun berbagai mancanegara. Disini, Anda bisa menemukan semua kebutuhan harian, seperti pakaian, jilbab, sampai makanan ringan.

4. Pulau Semak Daun

Pulau-Semak-Daun

Buat Anda yang ingin menepi sebentar dari kemacetan Jakarta, cobalah berkunjung ke Pulau Semak Daun. Secara administrasi, pulau ini termasuk kawasan provinsi Jakarta. Pulaunya sendiri tidak begitu luas, tetapi memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Tipikal pantai yang sangat bersih dan terbilang sepi, sebab tak banyak orang tahu lokasinya. Disini, Anda bisa berkemah di tengah pulau atau menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

5. Pantai Marunda

Pantai-Marunda

Jika tak ingin jauh-jauh dari kota, Pantai Marunda bisa jadi tempat wisata di Jakarta melepas penat sehari-hari. Meskipun tidak semenarik pantai lainnya, Marunda menawarkan kesederhanaan pantai di tengah kemacetan ibukota. Asyiknya, Anda tak akan dipungut bayaran atau gratis saat memasuki area pantai.

6. Taman Cattelya

Taman-Cattelya

Pengadaan ruang terbuka hijau di Jakarta patut diacungi jempol. Setidaknya ada lebih dari 5 taman di pusat kota Jakarta. Satu diantaranya adalah Taman Cattelya atau Taman Tomang yang berada di Jakarta Barat.

Selain difungsikan sebagai penghijauan, tempat wisata di Jakarta inipun telah dilengkapi berbagai fasilitas umum, seperti jogging track, mainan anak, sampai danau buatan. Di sekitar lokasi terdapat berbagai jajanan kecil yang bisa Anda pilih untuk menemani waktu bersantai.

7. Grand Indonesia Mall

Grand-Indonesia-Mall

Baca juga: Berlibur ke Yogyakarta

Jakarta identik dengan deretan mall mewah yang tersebar hampir di seluruh wilayah. Grand Indonesia Mall jadi salah satu mall termewah dengan spot fashion terlengkap. Disini, Anda bisa menemukan berbagai brand dari dalam dan luar negeri yang selalu diburu konsumen.

Tak cuma itu, deretan restoran dan konter makanannya patut dicoba. Untuk luasnya sendiri, Grand Indonesia terbilang sangat luas. Anda mesti mengingat spot parkir dengan tepat, biar tak gampang tersasar di dalamnya.

8. Museum Wayang

Museum-Wayang

Sudah berkunjung ke Museum Fatahillah? Bingung mau kemana lagi? Kawasan Kota Tua memiliki beragam spot wisata yang wajib dikunjungi. Museum Wayang adalah satu diantara banyaknya spot wisata di Kota Tua. Letaknya tak terlalu jauh dari Museum Fatahillah. Anda cukup berjalan kaki 5 – 10 menit untuk sampai kesini.

Seperti namanya, museum ini menyimpan koleksi berbagai macam wayang dari seluruh Indonesia. Wayang sendiri merupakan kebudayaan asli Indonesia yang harus dilestarikan dan dikembangkan.

9. Hauwke’s Auto Gallery

Hauwkes-Auto-Gallery

Belum sempat ke Museum Angkut di Malang? Jangan sedih! Jakarta ternyata punya museum mobil yang tak kalah menarik, namanya Hauwke’s Auto Gallery. Mobil yang dipajang berasal dari tahun 30 – 50an. Semuanya dalam kondisi terawat dan tertata dengan rapi.

Desain museumnya sendiri adalah semi outdoor, sehingga terasa nyaman. Menariknya, Hauwke’s Auto Gallery menyimpan 4 mobil yang pernah digunakan Presiden Soekarno. Penasaran bagaimana bentuk dan keindahan mobil-mobil tersebut? Datang saja ke Cilandak Timur, Jakarta Selatan.

10. Kemang Food Festival

Kemang-Food-Festival

Kemang Food Festival mengusung konsep food court yang menarik perhatian pengunjung. Ada berbagai pilihan makanan yang tersedia, mulai dari makanan berat sampai ringan.

Tempat ini selalu ramai setiap harinya, terutama di jam buka atau 5 sore. Di akhir pekan, Kemang Food Festival biasanya dipadati anak muda dan komunitas yang tengah berkumpul.

11. Museum Satria Mandala

Kemang-Food-Festival

Para pengunjung bisa melihat berbagai koleksi dari TNI di Museum Satria Mandala. Museum ini terbilang unik, sebab terletak di rumah salah satu istri Bung Karno, yaitu Ratna Sari Dewi Soekarno.

Saat sampai disini, Anda langsung disambut helikopter dan roket yang sempat digunakan oleh angkatan bersenjata Indonesia. Di bagian dalam, ada koleksi pakaian tentara dari pra kemerdekaan sampai sekarang.

12. Kelenteng Jin De Yuan

Kelenteng-Jin-De-Yuan

Anda suka wisata sejarah dan budaya? Mampirlah ke Kawasan Pecinan Lama di Glodok. Disana, ada sebuah kelenteng tertua di Jakarta, yakni Kelenteng Jin De Yuan. Kelenteng ini merupakan tempat ibadah buat penganut Kong Hu Cu. Arsitekturnya sangat kental budaya Cina maupun Kong Hu Cu. Dijamin, Anda bakal bernostalgia dengan kawasan pecinan di berbagai negara, termasuk di Cina.

13. Pasar Glodok

Pasar-Glodok

Kalau Tanah Abang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, Pasar Glodok justru berbeda. Para penjual hanya menjajakan peralatan elektronik dari berbagai merek dan tahun pembuatan. Anda bisa menemukan perangkat elektronik dari puluhan tahun lalu dengan kondisi masih apik.

Tak hanya itu, beberapa penjual juga menawarkan elektronik terbaru dengan harga cukup murah. Jika dibandingkan dengan harga toko, jelas Pasar Glodok lebih ramah di kantong.

14. Plaza Indonesia

Plaza-Indonesia

Terletak di jantung kota Jakarta, Plaza Indonesia tak pernah sepi pengunjung. Secara arsitektur, Plaza Indonesia terlihat sangat megah dan memukau. Berbagai tenant dari dalam dan luar negeri bisa Anda jumpai disini.

Bukan cuma brand fashion, beberapa diantaranya adalah tenant jam tangan mewah dan smartphone. Di samping itu, Plaza Indonesia juga menyediakan tenant makanan yang telah tersohor di dunia.

15. Bandar Djakarta

Bandar-Djakarta

Ingin mencicipi seafood segar dari kota metropolitan? Anda bisa singgah sebentar di Bandar Djakarta, pusat hidangan laut di tepi pantai Ancol. Suasana pantai dan angin sepoi menjadi latar dari restoran satu ini.

Anda bisa memilih berbagai macam seafood segar untuk dimasak dengan bumbu khas Bandar Djakarta. Restorannya sendiri bisa menampung lebih dari 200 tamu.

Nah, 15 tempat wisata di Jakarta yang wajib Anda datangi selama di kota metropolitan. Untuk moda transportasi, Jakarta terbilang lengkap. Anda bisa memilih angkutan umum yang telah terintegrasi atau transportasi online. Masih enggan menghabiskan akhir pekan di kota metropolitan satu ini?

Baca juga: Berlibur ke Lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *