Lima Resep Rendang Unik dan Tak Biasa, Nomor Tiga Pasti Jarang Dibahas!

Rendang! Hm, siapa sih orang Indonesia yang tidak familiar dengan nama masakan berempah nan nikmat yang berasal dari Sumatera Barat ini? Jelas saja, dari Sabang sampai Merauke, nama rendang sudah sering terdengar. Bahkan, masakan kaya bumbu ini pernah didapuk sebagai makanan paling enak sedunia. Duh, bahas rendang saja sudah bikin ngiler kan? Mungkin bagi sebagian besar orang, rendang hanya terbuat dari daging-dagingan, terutama daging sapi. Namun, faktanya rendang bisa dibuat dengan bahan dasar yang bervariasi dan tidak melulu berasal dari daging sapi. Penasaran resep rendang bisa dibuat dengan bahan dasar apa aja? Simak terus.

Rendang jengkol
Bahan makanan yang terkenal karena aroma khas nan menyengat ini sudah pasti bakal menggoyang lidah ketika diolah bersamaan bumbu-bumbu dan santan. Cara pembuatannya pun mudah, jengkol sebaiknya direbus terlebih dahulu, sebelum dimasak dengan beragam bumbu agar bumbu-bumbunya meresap sempurna dan tidak memakan waktu lama. Rendang dari jengkol akan terasa nikmat karena legit dan kenyal, dipadankan dengan nasi hangat, hmmmm lupa diri!

Rendang Pakis
Rendang kedua nih berasal dari tanaman juga yaitu sayur pakis! Hayo siapa penikmat sayuran yang berasal dari jenis paku-pakuan ini? Nah, selain ditumis, ternyata pakis juga nikmat jika diolah dengan bumbu rendang. Bahkan di tempat asalnya yaitu Kabupaten Pasaman, tepatnya di daerah sekitar Bonjol, rendang satu ini wajib ada dalam setiap pagelaran acara pesta. Hmmm, jadi penasaran dengan rasanya, kan! Rendang pakis ini biasanya dimasak hingga mengering dan pakis sendiri ternyata baik banget untuk menangkal radikal bebas lho. Jadi makin pengen eksekusi rendang pakis kan jadinya!

Rendang Maco
Wah, nama resep rendang ketiga ini agak tidak biasa, ya. Maco sendiri merupakan sebutan untuk ikan asin dalam bahasa daerah. Rendang satu ini biasanya dimasak oleh masyarakat kelas menengah ke bawah yang tidak setiap hari bisa mengonsumsi daging sapi. Maco dimasak dengan cara yang sedikit berbeda dengan daging yaitu dimasukkan saat santan sudah mulai memekat dan menghitam. Sebenarnya, ikan asin maco ini boleh-boleh saja dimasukkan sedari awal bersama bumbu-bumbu lainnya tetapi daging ikan ini bisa saja hancur dan saat dimakan kelak, akan sulit membedakan antara ikan dan ruas lengkuas. Hmm, semoga nggak salah gigit aja!

Rendang Rusa
Rendang kelima ini kembali kita bahas rendang dari protein hewani yaitu daging rusa. Nah, hewan satu ini memang dilindungi karena populasinya di hutan Indonesia terbilang langka. Namun, di beberapa bagian daerah tertentu seperti wilayah Timur Indonesia, rusa masih cukup banyak ditemukan dan diburu. Jika Anda penasaran, cobalah berkunjung ke kota Merauke atau Fakfak, Papua Barat, dan Anda akan dengan mudah menjumpai daging rusa mentah ataupun yang telah diolah menjadi masakan seperti rendang. Tekstur daging rusa yang alot jika dimasak dalam waktu yang cukup dan dengan bumbu-bumbu terbaik akan menghasilkan citarasa rendang yang tak mudah dilupakan.

Rendang Lakon
Resep rendang terakhir masih berasal dari bahan dasar hewan, tetapi kali ini hewan laut yaitu lakon atau sejenis kerang. Hmm, menarik, ya? Rendang lakon biasanya banyak dijumpai di daerah pesisir seperti Padang Pariaman. Memasak rendang lakon pun perlu perlakuan khusus sebab daging lakon ini jika dimasak terlalu lama akan mudah hancur tetapi jika terlalu cepat maka akan alot dan kurang enak dimakan.

Itulah tadi lima resep rendang unik dan tak biasa yang bisa Anda praktekkan di rumah jika punya bahan-bahannya. Selamat mencoba dan semoga suka!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *